1 Agustus, Belanda Berlakukan Larangan Penutup Wajah di Ruang Publik

August 1, Netherlands Enacts Prohibition of Face Cover in Public Space

face coverin

Belanda secara resmi memberlakukan undang-undang yang melarang penutup wajah di ruang publik. Peraturan ini mulai berlaku pada Kamis (1/8).
Sementara itu, polisi dan staf di bidang transportasi tampaknya enggan untuk menerapkan aturan ini bagi warga yang menggunakan penutup wajah seperti di sekolah, rumah sakit, gedung pemerintah, dan transportasi publik.
Penutup wajah yang dilarang yang disebutkan dalam aturan tersebut, yakni masker ski, helm yang tertutup penuh, balaclavas, niqab, dan burqa.
Namun, tidak ada larangan jika penutup wajah itu digunakan di jalanan, selain tempat umum yang disebutkan di atas. Kini pihak berwenang diperbolehkan meminta warga yang kedapatan menggunakan penutup wajah untuk membukanya. Jika menolak, warga tersebut diharuskan membayar denda berkisar antara 150 euro dan 415 euro.
Peraturan baru tersebut sudah ditentang oleh sejumlah pihak termasuk beberapa kota, rumah sakit, operator transportasi publik, dan polisi. Hal itu dipatahkan oleh polisi yang mengatakan bahwa penegakan aturan penutup wajah ini bukanlah prioritas mereka.
Polisi juga mengisyaratkan rasa tak nyaman untuk meminta wanita melepaskan penutup wajah ketika masuk ke kantor polisi. Apalagi, jika aduan mereka tidak terkait penutup wajah.
Sementara itu, petugas angkutan umum menyatakan tak akan meminta staf mereka untuk menegakkan aturan ini. Hal ini berlaku bagi para staf di kereta, metro, trem, atau bus.
Staf angkutan umum memang diminta agar menyarankan penumpang membuka penutup wajah. Namun polisi mengatakan pada pihak petugas angkutan umum, larang tersebut bukan menjadi prioritas mereka.
Banyak negara Eropa yang juga memberlakukan peraturan serupa. Prancis merupakan negara Eropa pertama yang melarang penutup wajah sepuluh tahun yang lalu. Namun, tahun lalu Komite Hak Asasi Manusia (HAM) PBB menyatakan peraturan larangan penutup wajah tersebut melanggar HAM.
Negara Eropan lainnya, Denmark sudah satu tahun melarang burqa meskipun ditentang oleh banyak pihak.
Pada awal tahun ini, Austria meloloskan undang-undang pelarangan terhadap anak perempuan Muslim mengenakan penutup kepala di sekolah dasar. Larangan penutup wajah sepenuhnya sudah diberlakukan negara ini sejak tahun 2017 lalu.
Selain itu, di Kota Hesse, Jerman, juga melarang pegawai sipil mengenakan burqa. Enam bulan lalu, larangan juga diberlakukan di Kiel University Jerman.
Alasan diberlakukannya aturan itu katanya demi menerapkan komunikasi terbuka yang menunjukkan ekspresi wajah dan gestur tubuh. Namun, beberapa politisi menentang kebijakan itu karena dianggap menekan kebebasan beragama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *