28 Dokter Bertahan di Wamena Untuk Beri Pelayanan Pada Korban Demo

28 Doctors Survive in Wamena to Give Service to Victims of Demo

Foto Dinas Kesehatan Kabupaten Wamena

Sebanyak 28 dokter di Dinas Kesehatan Kabupaten Wamena, Papua masih siaga untuk melayani warga di wilayah yang menjadi korban

Sebanyak 28 dokter di Dinas Kesehatan Kabupaten Wamena, Papua masih siaga untuk melayani warga di wilayah itu yang menjadi korban demo yang berujung kerusuhan pada pekan lalu, Senin (23/9).

Dikutip dari Antara, Koordinator Tim Gabungan Kesehatan Dinas Kesehatan dan TNI/Polri di Wamena Paminto Widodo, Selasa (2/10) mengatakan ada 13 dokter spesialis yang siaga dan bertahan. Dia menyebut untuk dokter spesialis ini jumlahnya cukup.

Selain dokter spesialis, sisanya adalah 15 dokter umum. Paminto menjelaskan di Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya sekitar 15 dokter masih siaga dan bertahan untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Ada juga delapan dokter umum lainnya masih melayani kesehatan warga korban demo di RSUD Wamena. Sementara perawat yang bertugas melayani kesehatan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya tercatat ada 17 orang.

Paminto mengatakan, “Ini kasus-kasus gawat darurat, kasus-kasus yang membutuhkan operasi karena trauma luka itu sudah menurun”.

Tenaga kesehatan lainnya di RSUD Wamena, menurutnya, masih cukup mampu melakukan pelayanan kesehatan meski jumlahnya belum memadai. Pasalnya ada tenaga kesehatan yang berupaya menyelamatkan keluarganya.

Dia menyebut ada sekitar 20 perawat yang masih melakukan pelayanan kesehatan terhadap warga korban demo Wamena di RSUD Wamena.

Mobil ambulans yang masih siaga untuk melayani pengungsi korban demo rusuh Wamena ada enam unit.

Seperti diberitakan, unjuk rasa yang terjadi Wamena pada Senin (23/9) pekan lalu berlangsung ricuh dan menyebabkan 33 orang meninggal dunia, baik pendatang maupun warga Papua. Ratusan bangunan milik pemerintah maupun swasta di daerah tersebut juga rusak dan hancur akibat aksi pembakaran dan pengrusakan oleh massa demo.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *