8 Cabang Olahraga SEA Games 2019 Ditunda Akibat Topan Kammuri

8 SEA Games 2019 Sports Postponed Due to Typhoon Kammuri

Foto 8 SEA Games 2019 Olahraga Ditunda

 8 SEA Games 2019 Olahraga Ditunda

Kegiatan SEA Games 2019 yang diselenggarakan di FIlipina mengalami gangguan akibat kondisi alam. Topan Kammuri yang melanda negara tersebut membuat sebanyak delapan cabang olahraga ditunda.

“Harap diperhatikan olahraga berikut di Subic akan memiliki perubahan dalam jadwal kompetisi karena kondisi cuaca,” ungkap Karen Claire Caballero, Direktur Olahraga SEA Games 2019.

Delapan cabang olahraga yang terpaksa ditunga akibat Topan Kammuri adalah voli pantai, canoe/kayak, muaythai, pencak silat, layar, triathlon, modern pentathlon, dan selancar angin. Kedelapan cabang olahraga itu digelar di daerah Subic. Akan tetapi, tak semua harus mengalami penundaan, ada juga olahraga yang tetap akan berjalan di daerah yang terkena dampak badai.

Olahraga yang tetap berjalan sesuai jadwal adalah tenis meja, sepak takraw, catur, bola tangan pantai, dayung, renang laut lepas, dan selancar.

Badai Kammuri saat ini sedang menerjang Filipina yang diawali dari sebelah barat yakni Subic. Badai tersebut berupa angin besar hingga hujan deras yang bisa menyebabkan banjir.

Menurut penuturan Chef de Mission Kontingen Indonesia, Harry Warganegara, bahwa kejadian ini di luar kendali dari panitia penyelenggara. Untuk itu, keselamatan menjadi prioritas para atlet.

“Namanya badai ini force majeure. Kami tidak bisa intervensi. Beberapa cabang olahraga SEA Games 2019 ditunda terutama yang digelar di luar ruang,” kata Harry Warganegara.

Diketahui, datangnya badai tersebut memang telah diprediksi. Apalagi, cuaca buruk yang melanda Filipina sudah hal yang biasa mereka hadapi, terutama angin topan.

Antisipasi telah dilakukan panitia SEA Games, PHISGOC untuk menghadapi cuaca buruk yang kemungkinan menimpa arena SEA Games outdoor. Meski begitu, apabila memang memungkinkan saat terjadi angin topan, beberapa cabang olahraga tetap dipertandingkan, namun bisa jadi tanpa penonton.

Perhelatan SEA Games 2019 di Filipina digelar di empat wilayah, yaitu Clark yang menjadi venue enam cabang olahraga, Metro Manila delapan cabang olahraga, Subic dua cabang olahraga, dan tujuh cabang olahraga di gelar di Filipina selatan. 

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Olah raga: https://www.indonesianupdates.com/category/sports/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *