8 Destinasi Wisata Pantai Yang Tersembunyi di Nusa Penida

8 Hidden Beach Tourism Destinations in Nusa Penida

Foto tempat wisata Nusa Penida

Tempat wisata Nusa Penida

Tak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung ke Nusa Penida, wisatawan mancanegara pun berbondong-bondong datang ke sana. Nusa Penida merupakan sebuah pulau yang diapit oleh Selat Badung – yang memisahkan dengan Pulau Bali dan Selat Lombok. Pada bagian sisi sebelah selatan Nusa Penida adalah Samudera Indonesia, sehingga membuatnya memiliki karakter yang unik karena dikepung oleh tiga perairan.

Untuk bisa menuju ke Nusa Penida, kamu bisa naik kapal feri yang berangkat dari Sanur. Kamu pun bisa mendapatkan informasi keberangkatan kapal feri tersebut dari situs Agent Travel Online (OTA) juga lho.

Selain memiliki pemandangan yang elok, Nusa Penida juga memiliki pantai-pantai yang wajib untuk di kunjungi. Mau tahu pantai apa saja yang ada di Nusa Penida? Berikut ulasannya!

1.Pantai Atuh

Meski akses menuju Pantai Atuh bukanlah perjalanan yang mulus, kamu bisa menumbuhkan jiwa petualanganmu lho. Untuk sampai ke sana kamu harus melalui jalan desa yang memiliki banyak lubang dan setelah itu jalan tersebut berubah menjadi bukit tanah. Sehingga kamu harus melanjutkan perjalanan dengan cara trekking.

Kamu akan menjumpai sebuah bukit dan di balik bukit tersebut terbentanglah Pantai Atuh, yang memiliki pasir putih serta dikelilingi oleh tebing besar. Di sana kamu akan menemukan pemandangan formasi bebatuan yang luar biasa menarik. Selain itu, terdapat juga sebuah lengkungan tebing yang menjorok ke pantai dan dari kejauahan kamu akan menemukan pemandangan beberapa pulau yang berderet dengan indah

2. Pantai Kelingking

Memiliki formasi tebing yang menjorok ke pantai dan membentuk kepala T-Rex, Pantai Kelingking disebut juga sebagai Pantai T-rex. Keindahan dari pantai ini adalah karena berada di bawah tebing, di bawah rahang T-rex tersebut kamu bisa menyebutnya sebagai Kelingking Secret Point Beach. Tak hanya populer dengan namanya saja, Pantai Kelingking memiliki air laut yang bening berwarna biru dan ombak yang kuat. Meski begitu kamu tetap bisa bersantai sambil berjemur lho

3. Pantai Crystal Bay

Pantai yang memiliki panjang 1 km ini memang sesuai namanya yang sebening kristal. Bagaimana tidak? Dengan mata telanjang, kamu pun bisa menikmati pemandang ikan warna-warni berenang di lautan. Adanya batu karang di depan pantai, membuat ombak yang berdebur dengan kencang dari kejauhan tak sampai ke tepian. Jadi kamu bisa bersantai dengan tenang di pinggir pantai. Batu karang atau pulau kecil itu disebut sebagai Batu Jineng yang memiliki arti batu peristirahatan.

Pada bagian tengah teluknya memang menjadi salah satu spot favorit para penyelam. Biasanya mereka datang dengan perahu dari Sanur, Tanjung Benoa, Nusa Dua, atau Nusa Lembongan. Jika kamu ingin menikmati pemandangan matahari terbenam, berkunjung ke Pantai Crystal Bay adalah jawaban yang tepat.

4. Pantai Uug

Pantai Uug atau disebut juga sebagai Broken Beach, yang konon katanya lubang yang terdapat pada tebing ini adalah hasil alam yang bekerja dengan keras selama ribuan tahun. Selain itu diikuti juga longsoran dahsyat, yang membentuk kolam. Karena air laut yang mengalir masuk ke dalam lobang itu, maka terbentuklah teluk yang tenang. Namun, kamu hanya bisa memandang keindahannya dari kejauhan saja. Untuk bisa sampai ke sana kamu harus melewati tebing yang tegak berdiri

5. Pantai Diamond

Setelah sebelumnya para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Diamond ini hanya bisa menikmatinya dari dasar tebing, kini kamu bisa menjangkaunya dengan menaiki tangga yang diukir oleh warga setempat. Kamu bisa menikmati indahnya pantai dengan pemandangan pasir putih yang menawan.

6. Pantai Tembeling, Kolam Alam dan Hutan

Pantai Tembeling adalah sebuah pantai yang terletak paling ujung dan tersembunyi. Dalam perjalanan menuju sana kamu akan melewati kolam-kolam alami Tembeling. Kolam-kolam tersebut berada di tengah hutan, berdinding coklat dan oranye yang senada dengan air kolamnya yang berwarna birus. Salah satu di sana adalah sumber mata air bagi warga setempat, karena airnya yang sangat jernih dan bisa langsung diminum.

Setelah melewati sejumlah patung dan air mancur tradisional yang menghiasi tempat tersebut, kamu akan menemukan kolam kedua yang juga berair bersih. Tak jauh dari sana, Pantai Tembeling mulai terlihat. Kamu bisa saja menikmati kesejukan air di kolam tersebut atau ingin segera menuju ke pantai yang dihimpit oleh tebing yang indah.

7. Pantai Suwehan

Saat ke Nusa Penida, kamu wajib untuk berkunjung ke Pantai Suwehan. Sebab, pantai ini adalah lambang dari Nusa Penida. Selain tebing dan pantai, terdapat juga sebuah batu besar yang berbentuk lancip berdiri tegak di tengah pantai. Batu tersebut juga dikenal sebagai Batu Jineng. Karena batu itu, Pantai Suwehan disebut juga Volcom Beach.

8. Pantai Pandan (Mendaki dari Teluk Crystal)

Tak jauh dari Pantai Crystal Bay, kamu bisa berjalan menuju Pantai Pandan lho. Karena lokasinya yang tersembunyi, kamu membutuhkan persiapan untuk menjangkaunya. Setelah melalui jalan setapak yang melelahkan, kamu akan menemukan pemandangan yang begitu elok. Sebab, saat tiba di sana kamu akan merasakan perpaduan antara pantai di Raja Ampat dan Phi-Phi Island di Thailand.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Perjalanan: https://www.indonesianupdates.com/category/travel/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *