Unjuk Rasa Kembali Digelar Warga Hong Kong Pasca-Pemilu

Rallies Again Held by Post-Election Hong Kong Residents

Foto Hong Kong masih bergejolak dengan demonstrasi berwarna meskipun pemilihan telah berakhir

Hong Kong masih bergolak dengan demonstrasi berwarna

Hong Kong masih bergejolak dengan diwarnai aksi demonstrasi meskipun pemilu telah usai. Pada Minggu (01/12/2019), aparat kepolisian Hong Kong melepaskan tembakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa. Dalam aksi unjuk rasa itu, para demonstran turun ke jalan sambil meneriakkan ‘revolusi’ dan ‘bebaskan Hong Kong’. 

Menut keterangan yang dikutip dari reuters.com, unjuk rasa yang berlangsung pada hari Minggu itu dilakukan di Kawasan pusat perbelanjaan Tsim Sha Tsui. Lalu, mereka berjalan menuju kantor konsulat Amerika Serikat untuk memperlihatkan penghormatan atas dukungan kepada tuntutan mereka.

Sejumlah toko dan area bisnis ikut terdampat kegiatannya dari unjuk rasa yang telah menginjak bulan keenam ini. Untuk memukul mundur para demonstran, aparat kepolisian menyemprotkan gas air mata ke arah mereka, termasuk ke beberapa penduduk Hong Kong yang sudah lansia serta hewan peliharaan mereka. 

Para demonstran juga melakukan aksi jalan ke area Kowloon, termasuk melewati perumahan mewah dan pusat-pusat perbelanjaan. Diketahui beberapa demonstran ditahan. Gas air mata yang ditembakkan sempat membuat ratusan orang lari kocar-kacir. 

Unjuk rasa itu merupakan aksi yang pertama setelah sepekan lalu Hong Kong sempat tenang sejak menggelar pemilu parlemen pada Minggu, 24 November 2019. Hasil dari pesta demokrasi itu, para kandidat dari kubu pro-demokrasi berhasil meraih kemenangan. 

Adapun para aktivis di Hong Kong berjanji akan terus menjaga momentum gerakan anti-pemerintah. Para demonstran masih menuntut pemerintah, di mana diantara lima tuntutan itu adalah penyelidikan yang independen terhadap perilaku polisi dan penerapan hak pilih yang universal.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/international/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *