Ada 4 Desa Fiktif di Sulawesi Tenggara, Mendagri Gandeng Polisi dan Pemda Provinsi Lakukan Penyelidikan

Ada 4 Desa Fiktif di Sulawesi Tenggara, Kementerian Dalam Negeri Bekerjasama dengan Polisi dan Pemerintah Provinsi untuk Menyelidiki

Foto Kementerian Dalam Negeri Bersama Polisi dan Pemerintah Provinsi untuk Menyelidiki

Kementerian Dalam Negeri Bekerjasama dengan Polisi dan Pemerintah Provinsi untuk Menyelidiki

Menindaklanjuti kasus desa fiktif, yakni desa-desa yang disebut menerima aliran dana dari pemerintah, Mendagri Tito Karnavian menggandeng Polri untuk menyelidikinya.

Berlokasi di Mako Brimob Kelapa Dua, Rabu (6/11), Tito mengatakan, polisi telah menerjunkan tim bersama Pemda provinsi dan Kapolda Sultra Merdisyam, guna mengusut desa fiktif. Menurut Tito, ditemukan empat desa di Sulawesi Tenggara.

Dia menyebut, ada dugaan empat nama desa tersebut tidak mempunyai penduduk tetapi diberikan anggaran.

Untuk itu, ia langsung menjalin kerjasama dengan Polda Sultra untuk mengecek kebenarannya. Tito pun menegaskan akan ada sanksi hukum yang menanti bagi penerimanya, pun seperti yang ia minta ke Kapolda.

“Kalau memang fiktif, tindak saja. Baru perbaiki sistemnya,” ujar Tito.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan akan menindaklanjuti temuan desa fiktif yang belakangan telah menerima anggaran dana desa dari pemerintah.

Bertempat di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin, 4 November 2019, Sri Mulyani mengaku baru mendengar adanya sejumlah desa tak berpenghuni tersebut setelah pembentukan Kabinet Indonesia Maju.

Sri Mulyani mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti bersama dengan Kementerian Dalam Negeri dengan menyambangi temuan desa-desa tersebut. Dengan kehadiran desa fiktif itu, Sri Mulyani menyebut, dana transfer ke daerah yang dilakukan pemerintah pusat selama ini menjadi tidak tepat sasaran.

“Pokoknya kita akan lihat seluruh prosedurnya supaya jangan sampe ada statement seperti itu yang kemudian menimbulkan persoalan jumlah desanya berapa, lokasinya di mana dan bagaimana transfernya,” ungkap Sri Mulyani.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *