Tue. Sep 17th, 2019

Asrim: Produksi Minuman Ringan Semester I/2019 Mengalami Perumbuhan

Asrim: Soft Drink Production Semester I / 2019 Experiencing Growth

Soft Drink

Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) mengungkapkan terdapat sinyal positif yang ditunjukkan lewat realisasi produksi pada semester I/2019. Asrim memprediksi hingga akhir tahun ini produksi akan lebih tinggi dari relisasi pertumbuhan tahun lalu.
Ketua Asrim Triyono Pridjosoesilo mengatakan produksi minuman ringan mengalami pertumbuhan sebesar 2% pada semester I/2019. Triyono menilai pertumbuhan tersebut merupakan sinyal positif bagi industri minuman nasional dibandingkan periode yang sama tahun lalu dimana terdapat minus produksi.
Triyono menilai produksi yang tumbuh pada semester I/2019 disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu para pelaku industri minuman ringan yang telah beradaptasi dengan perubahan pasar lokal. Menurutnya, kini para pelaku industri mulai melibatkan kegiatan distribusi dengan promo pada industri pariwisata.
Selain itu, Triyono melihat kegiatan pemilihan kursi eksekutif atau Pemilu yang berjalan relatif aman mendorong konsumen untuk tidak lagi menahan belanja.
Triyono menyebut peningkatan produksi tersebut terus berlangsung pada Juli karena adanya momentum Lebaran. Namun, produksi minuman ringan diperkirakan akan mengalami penurunan pada Agustus seiring dengan menurunnya Purchasing Manager’s Index (PMI) Indonesia ke level 40,0.
Hingga akhir tahun nanti, menurut prediksinya, produksi minuman ringan dapat tumbuh hingga 3%-4%. Proyeksi tersebut didasari dengan adanya insentif yang diberikan pemerintah kepada industri dan masyarakat yang mencakup insentif pada pelatihan, insentif pada kegiatan penelitian, dan peningkatan dana desa.
Triyono optimistis insentif yang didapat tersebut dapat membuat daya beli masyarakat bawah, yang sebagian besar sosial ekonomi statusnya C dan D, bakal naik. Alhasil, serapan minuman ringan di pasar lokal akan mengalami peningkatan.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *