Bagaimana Nasib Bandara Adisutjipto Setelah Kulon Progo Nanti Beroperasi

How the fate of Adisutjipto Airport After Kulon Progo Will Operate Later

Yogyakarta airport

Bandara baru di Yogyakarta, yaitu Bandara Kulon Progo/New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan beroperasi pada April 2019. Bandara tersebut melayani penerbangan internasional yang dialihkan dari Bandara Internasional Adisutjipto. 

Kehadiran Bandara Kulon Progo untuk mengatasi kelebihan penumpang di Adisutjipto yang jauh melebihi kapasitas semestinya. Dari kapasitas 1,3 juta penumpang per tahun, Bandara Adisujipto melayani hampir 8 juta penumpang setiap tahunnya.

Apakah Bandara Adisutjipto nantinya akan berhenti beroperasi atau justru sebagai pelengkap?

Layani Penerbangan Domestik

Nantinya, Bandara Adisutjipto hanya akan melayani penerbangan domestik. Sedangkan Bandara Kulon Progo akan melayani penerbangan internasional.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, jika pembangunan Bandara Kulon Progo sudah selesai 100% tahun ini, maka semua penerbangan akan pindah ke sana. Sedangkan Bandara Adisutjipto akan tetap beroperasi melayani penerbangan jarak pendek.

Meski demikian, dalam waktu dekat ini Bandara Adisutjipto masih akan melayani penerbangan domestik dan kapasitasnya bisa ditambah karena penerbangan internasional dialihkan melalui Bandara Kulon Progo. Jumlah penerbangan domestik di Bandara Adisutjipto juga bisa ditambah saat mudik Lebaran mendatang.

Bandara Kulon Progo Baru Selesai Sebagian

Bandara Kulon Progo/New Yogyakarta International Airport (NYIA) ditargetkan beroperasi untuk melayani penerbangan internasional April 2019. Saat operasi nanti, progres pembangunan bandara baru 50%.

Angka 50% tersebut diyakini siap untuk melayani penerbangan internasional dengan sudah selesainya runway sekitar 3.250 meter dan apron. Sedangkan sisi terminal penumpang baru selesai sebagian.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, sesuai kontrak pembangunan Bandara Kulon Progo selesai pada Juni 2020 akan tetapi diyakini bisa selesai pada Desember 2019 secara keseluruhan. Pekerjaan proyek ini dilakukan oleh konsorsium PT PP (Persero) Tbk.

Pengoperasian NYIA pada April 2019 mendatang bukan tanpa sebab, yaitu karena sudah padatnya Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. Jumlah penumpang per tahunnya di bandara tersebut sudah jauh melebihi kapasitas seharusnya sehingga harus mengalihkan sebagian penerbangan, yaitu internasional.

Dengan adanya Bandara Kulon Progo, masyarakat Purworejo dan Jawa Tengah bagian selatan lainnya semakin dekat mengakses bandara. Selain itu juga diyakini akan terbuka pasar baru dari selatan Yogyakarta.

Mengenai akses menuju Bandara Kulon Progo juga menjadi perhatian Angkasa Pura I. Akses menuju bandara ini juga dilengkapi kereta dan bus Damri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *