Mon. Sep 23rd, 2019

Bakal Dapat Sponsor, Mobil Listrik ITS Siap Produksi Massal

Will Get a Sponsor, ITS Electric Cars Ready for Mass Production

ITS Electric Car

Mobil listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dikabarkan sudah dapat sponsor. Bahkan, mobil ramah lingkungan ini sudah siap masuk jalur produksi.

Hal itu disampaikan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir, di Kantor Kemenristekdikti, di Jalan Jend. Sudirman, Jakarta Pusat pada Jumat (13/9/2019) bahwa sudah ada pihak yang ingin memproduksi mobil listrik ITS.

Lebih lanjut, Nasir mengatakan sponsor yang sudah siap melakukan produksi pada mobil listrik ITS adalah Wikon Wijaya Konstruksi Elektrik yang merupakan salah satu usaha di bawah perusahaan Wijaya Karya Group.

Nasir menyebut kapasitas produksi dari pabrik Wikon sebanyak 5.000 unit. Menurutnya, produksi dari pabrik itu sudah baik. Dirinya akan mengecek kembali tindak lanjutny seiringn dengan permintaan yang sangat tinggi terhadap mobil listrik ini.

Tak hanya itu, Nasir juga mengatakan bahwa Mobil Listrik Nasional, ini juga sudah memiliki pendanaan khusus, yakni melalui dana dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Diberitakan sebelumnya, dari ITS sendiri sebagai pengembang mempunyai berbagai pilihan kendaraan listrik yang siap untuk masuk jalur produksi, yakni berupa hatchback, sport, offroad, pickup, dan motor.
Menurut salah satu engineering kendaraan listrik ITS, Yoga Uta Nugraha bahwa Fokus utama dari ITS sendiri yakni pada pengembangan komponen utama kendaraan listrik yang terdiri dari motor listrik, controller, baterai pack, baterai management system. Sementara soal desain, mereka menyerahkan pada selera pasar.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *