Beredar Kabar Pohon Sengon Jadi Penyebab Listik Mati, PLN Jateng-DIY Membantahnya

Circulating News that the Sengon Tree Becomes a Cause of Power Death, PLN of Central Java-DIY Disputes it

Electricity transformer

Pihak kepolisian menjanjikan akan melakukan investigasi terkait sejumlah kota di Jawa dan Jakarta yang mengalami padam listrik total sejak Minggu (4/8). Kecurigaan muncul menurut Mabes Polri yang menganggap ada aspek kesengajaan penyebab listrik yang padam tersebut.
Karo Penmas Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, kejadian listrik pada mendadak pernah terjadi pada 2012 lalu.
Bercermin pada peristiwa serupa tujuh tahun lalu itu, Dedi menuturkan, Polri menemukan adanya unsur kesengajaan pemadaman listrik yang berujung pada penyelidikan di kepolisian.
Dedi mengatakan saat ini tim dari Badan Resesre Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri sedang melakukan koordinasi dengan PT PLN (Persero) guna menginvestigasi faktor penyebab mendadak matinya listrik kemarin, apakah karena gangguan teknis, human error, alam, atau gangguan lain.
Jika nantinya tim menemukan adanya tindak pidana yang disengaja, seperti sabotase atau bentuk pidana lain, Polri akan melakukan penyelidikan lanjutan untuk penegakan hukum.
Di media sosial, beredar sejumlah kabar seputar sumber penyebab padamnya listrik. Muncul kabar, padamnya listrik disebabkan oleh pohon sengon yang tumbang di jalur transmisi tegangan tinggi Ungaran-Pemalang. Ada pula yang menyebutkan penyebabnya adalah karena pohon yang terbakar di Pusat Pengatur Beban (P2B) Area Pengatur Beban (APB) Jawa Tengah-DIY dan Gardu Induk Ungaran.
Kabar-kabar yang beredar di media sosial tersebut dibantah PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, ketika coba dikonfirmasi.
Bantahan soal pohon sengon yang tumbang dan menjadi sumber penyebab listrik padam disampaikan oleh Manajer Komunikasi PT PLN UID Jawa Tengah dan DIY, Haris, di Semarang pada Senin (5/8).
Haris mengatakan sebaiknya masyarakat berpegangan pada penjelasan dari pusat bukan berdasarkan informasi yang beredar di media sosial.
Sementara, penjelasan dari Pelaksanaan tugas (plt) Direktur Utama (Dirut) PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani menekankan bahwasanya penyebab berhentinya pembangkit listrik juga bukan berasal dari faktor gempa yang melanda wilayah Banten, Jawa Barat, dan Jabodetabek, pada Sabtu (3/8).
Inten menyebutkan, insiden ini akan dilakukan proses investigasi di mana PLN melakukan pendalaman dengan menggandeng pihak independen. Menurutnya, banyak penyebab yang bisa mengakibatkan terganggunya pembangkit. Ia juga meyakini, penyebab gangguan ini masih berada pada tataran teknis dan bukan merupakan aksi sabotase.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *