Berganti Segmen Dari Sedan, Mobil SAV Kini Jadi Andalan BMW Indonesia

Changing Segments from Sedans, SAV Cars are Now the Mainstay of BMW Indonesia

Mengganti Segmen dari Sedan, SAV Cars Kini Menjadi Andalan BMW Indonesia

Pabrikan otomotif Jerman, BMW telah dikenal mengeluarkan sedan mobil sebagai andalan produknya.

Pabrikan otomotif asal Jerman, BMW selama ini dikenal mengeluarkan lini mobil sedannya sebagai andalan produknya. Namun, kini sejak BMW mulai banyak meluncurkan mobil-mobil Sports Activity Vehicle (SAV), yang dilabeli dengan Seri X, posisi segmen sedan sebagai tulang punggungnya bergeser.

Dikabarkan untuk pasar Indonesia saja, seluruh produk BMW dari Seri X ini telah sukses memberikan kontribusi penjualan lebih dari 55 persen. Artinya penjualan dari mobil SAV melebihi segmen mobil sedan.

Pernyataan itu disampaikan oleh Vice President of Sales BMW Indonesia, Bayu Riyanto disela-sela peluncuran The New BMW X1, Jumat (1/11) sore.

Bayu mengakui tingginya minat masyarakat pada segmen SAV tidak terlepas dari harga yang dibanderol tidak jauh berbeda dari sedan, tapi fungsional yang ditawarkan lebih optimal ketimbang sedan.

Lebih lanjut, Bayu mengatakan dari keseluruhan Seri X yang dipasarkan di Indonesia, penyumbang terbesarnya adalah BMW Seri X1. Diketahui, entry level dari Seri X tersebut memberikan kontribusi sebesar 40 persen dari total penjualan SAV BMW di Indonesia.

Setelah X1, lalu urutan kedua diikuti oleh Seri X5 dengan kontribusi 30 persen, dan sisanya diisi oleh Seri X lainnya seperti X3, X4, X2,X6, dan X7.

“Kalau ditotal di Seri X, X5 itu kurang lebih 30 persen ya. Sisanya kecil-kecil kayak X3, X2, X4 dan lain-lain,” tutur Bayu.

Adapun dengan melihat semakin tingginya permintaan segmen mobil SAV di Indonesia, Bayu pun membuka peluang untuk melakukan perakitan secara lokal terhadap beberapa seri BMW X lainnya. Akan tetapi, dirinya enggan membocorkan Seri X mana lagi ke depannya yang akan dirakit di dalam negeri.

Untuk informasi, saat ini BMW sudah merakit beberapa Seri andalannya di Indonesia, sebut saja BMW X1, X3, X5, Seri 3, Seri 5, dan Seri 7.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Otomotif: https://www.indonesianupdates.com/category/automotive/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *