Berkunjung ke Sultra, Cek 7 Rekomendasi Wisata Tersembunyi di Kolaka yang Menawan

Visiting Southeast Sulawesi, Check 7 Hidden Tourism Recommendations in the Charming Kolaka

Foto Rekomendasi Wisata Tersembunyi di Kolaka yang Menawan

 Rekomendasi Wisata Tersembunyi di Kolaka yang Menawan

Terkenal akan negara bahari yang memiliki banyak lokasi wisata alam, Indonesia banyak menjadi tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara. Salah satunya wisata alam Bunaken yang terletak di Sulawesi ini, sudah menjadi banyak incaran wisatawan mancangara maupun wisatawan domestik.

Karena luasnya alam Indonesia, banyak kawasan wisata yang masih belum tergali lho. Misalnya di daerah Sulawesi Tenggara yakni Kabupaten Kolaka, di sana terdapat 7 lokasi wisata yang masih belum diketahui orang lho. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut!

1. Rumah Adat Mengkongga

Rumah Adat Mengkongga terletak di dekat pintu pelabuhan Ferry Kolaka-Bajoe. Rumah tersebut merupakan rumah peninggalan Raja Sangai Larumbalangi yang seluruh sektornya terbuat dari kayu dan dihiasi dengan beragam pahatan sarat filosofi. Bagi kamu yang ingin memahami latar belakang Kolaka cocok untuk

2. Air Panas Kea Kea

Terletak 18 km dari pusat kota, kamu akan menemukan tempat wisata lain yakni Air Panas Kea Kea. Untuk bisa sampai ke sini kamu harus melewati jalan yang cukup menantang, mulai dari jalan berkelok, menanjak, bahkan sampai jalan tidak beraspal di pinggir perkebunan coklat dan cengkeh.

Lokasi Air Panas Kea Kea dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA). Biasanya pemandian air panas adalah berupa kolam, namun di sini kamu akan menjumpai sebuah sungai. Keunikan wisata ini adalah pada aliran sungai tersebut memiliki dua sumber air, yakni aliran air dingin atau air panas. Selain itu kamu juga bisa bermain flying fox di sini lho.

Aliran air panas ini berasal dari kawasan pegunungan Mekongga dan aliran sungai ini pun juga digunakan untuk kehidupan sehari-hari bagi masyarakat sekitar

3. Pantai Mahala

Berlokasi tak jauh dari Air Panas Kea Kea, kamu wajib untuk mengunjungi wisata Pantai Mahala. Akses untuk menuju ke sana pun tidak begitu sulit, sebab pantai tersebut berlokasi dekat dengan pemukiman warga.

Memang tak seindah dengan kawasan pantai yang lainnya, namun kamu akan menemukan pemandangan yang indah yaitu deretan hutan pinus yang rindang yang berkolaborasi dengan hijaunya rumput serta putihnya pasir. Untuk menuju ke pantainya kamu perlu menyebrang menggunakan perahu kecil ya. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, yakni 100 m.

Menurut kabar, lokasi pantai ini masih dalam proses pemugaran oleh pemerintah. Rencananya akan terdapat resort karena lokasinya yang langsung menghadap ke Pulau Padamarang yang menjadi spot cantik untuk menikmati wisata bawah laut.

4. Danau Biru

Danau Biru berlokasi di Desa Walasiho, Kolaka Utara. Membutuhkan waktu sekitar 90 menit dari Pantai Mahala atau sekitar tiga jam dari pusat kota.

Dalam perjalanan menuju Danau Biru, kamu akan disuguhi pemandangan pesona pantai dan hutan dari jalur aspal berkelok. Sesampainya di sana pun kamu akan melihat jernihnya air di Danau Biru. Danau ini memiliki kedalaman hingga 30 meter.

Kejernihan air danau tersebut dikarenakan posisinya yang langsung bersebelahan dengan laut, sehingga airnya pun payau. Tak hanya itu, pancaran dari lapisan marmer yang terdapat dalam danau pun membuat airnya terlihat jernih. Harga tiket untuk masuk ke Danau Biru sebesar Rp 5.000 dan kamu bisa menyewa peralatan renang dengan membayar sebesar Rp 15 ribu.

5. Sungai Tamborasi

Sungai Tambosari atau sungai terpendek di dunia ini terletak di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Lokasinya pun tak berada jauh dengan pantai Tambosari. Akses untuk menuju ke sana pun tidak membutuhkan tenaga banyak.

Disebut sebagai sungai terpendek, karena memiliki air segar yang keluar dari bawaha dinding tebing. Jarak mata air dari muara menuju laut pun sangat pendek yakni tidak sampai 20 m, sehingga sungai tersebut disebut sebagai sungai terpendek di dunia.

Air yang dikeluarkan pun benar-benar segar dan kaya dengan oksigen. Kamu yang berkunjung ke sini wajib untuk merasakan sensasi kesegaran bermain air di sini. Sebab air di sini kolaborasi tiga campuran air, mulai dari tawar, payau, dan bergeser mendekati bibir pantai air berubah menjadi asin. Disarankan untuk berkunjung ke sini pada sore hari, karena kamu dapat menikmati indahnya pemandangan matahari tenggelam

6. Pulau Padamarang

Pulau Padamarang merupakan sebuah pulau tak bertuan karena termasuk dalam kawasan konservasi yang nantinya akan dikembangkan sebagai salah satu ikon wisata Kolaka. Untuk menuju ke sini kamu harus menaiki kapal.

Sesampainya di sana kamu akan dimanjakan dengan pemandangan bukit dan air laut yang sangat jernih di dermaga. Tak hanya itu, hamparan pasir putih dan indahnya pesona terumbu karang Pulau Padamarang menyambutmu dengan cantik.

Namun, masih banyak pengunjung yang tidak bertanggung jawab atas sampah yang mereka miliki, sehingga banyak sampah berserakan dan mengotori area di sekitar bibir pantai.

Disini terdapat 16 spesies terumbu karang yang hidup berdampingan dengan 13 spesies ikan, 17 jenis moluska, dan delapan jenis rumput laut juga lho. Bahkan kamu juga bisa eksplorasi perbukitan yang ada, akan tetapi tidak disarankan untuk menginap di sana ya.

7. Cerobong Raksasa Peninggalan Jepang

Kabupaten Kolaka ini terkenal akan daerah penghasil nikel. Selanjutnya pergi menuju ke PT Aneka Tambang (Antam), di sana kamu dapat melihat proses pembuatan nikel dan kamu juga bisa melihat cerobong asap raksasa peninggalan Jepang yang masih berdiri dengan tegak sejak tahun 1960-an lho.

Untuk menuju ke dalam memang tidak boleh sembarangan, harus melalui proses yang cukup panjang.

Fungsi dari cerobong tersebut pun dikabarkan masih belum jelas, ada yang mengatakan bahwa dulunya sebgai tempat untuk pengolahan nikel, bahkan ada yang menyebutkan bahwa fungsi cerobong tersebut adalah untuk memata-matai pada zaman kemerdekaan. Konon katanya di dalam cerobong tersebut terdapat terowongan yang terhubung langusung dengan bunker rahasia miliki Jepang juga lho. Itulah 7 destinasi yang menarik dari Kabupaten Kolaka. Kamu sudah tentukan mau berkunjung ke mana dulu? Selamat berlibur.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Perjalanan: https://www.indonesianupdates.com/category/travel/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *