Mon. Sep 23rd, 2019

Berlibur Ke Danau Toba, Jangan Lewatkan Empat Wisata Memesona di Sekitarnya

Vacation to Lake Toba, Don’t Miss Four Enchanting Tours in the Surrounding Areas

Sumatra,

Bila menyebut Pulau Sumatera, salah satu destinasi wisata yang terlintas di pikiran ialah Danau Toba. Memang betul danau ini menjadi salah satu wisata yang paling terkenal di Indonesia. Banyak wisatawan yang datang mengunjungi untuk menikmati keindahannya, bukan hanya wisatawan nusantara, tapi banyak juga wisatawan mancanegara. 

Bagi Anda yang mempunyai rencana untuk berlibur ke Danau Toba, bisa menyimak rangkuman beberapa tempat wisata di sekitaran Dnau Toba berikut untuk Anda bisa mengeksplornya.

1. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara diapit oleh dua bukit yang letaknya berada di sebelah barat daya Danau Toba. Saat-saat tertentu, Lembah Bakkara akan tertutup bayangan salah satu bukit yang mengapitnya. Momen itu menciptakan pemandangan yang begitu indah.

Untuk menuju Lembah Bakkara, terdapat dua akses jalan yang bisa ditempuh, yakni dari Medan dan Sidikalang. Rute dari Medan, bisa masuk lewat Siborong-borong menuju Kecamatan Muara. Sedangkan melalui jalur Sidikalang, bisa masuk lewat Doloksanggul di Kabupaten Humbang Hasundutan. 

2. Air Terjun Situmurun Binangalom

Lokasi Air Terjun Situmurun terletak di Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir.

Air terjun ini dikenal juga dengan sebutan Air Terjun Binangalom. Aliran airnya mengalir langsung menuju Danau Toba. Ketinggian Air Terjun Situmurun mencapai sekitar 70 meter dengan debit air yang cukup deras. 

Airnya sendiri bersumber langsung dari sungai di dekat Desa Binanggalom. Suasananya yang begitu asri menjadikan wisatawan betah untuk berlama-lama di sini.

3. Pusuk Buhit, Samosir

Pusuk Buhit merupakan salah satu puncak yang berada di bagian barat Danau Toba. Tempat ini statusnya sendiri gunung berapi aktif. Pusuk Buhit memiliki ketinggian sekitar 1980 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Terdapat beberapa desa yang mengelilingi gunung ini, seperti Sianjur Mula-Mula, Samosir, dan Pangururan. Dari mitos yang ada di Batak, Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran atau asal mula Suku Batak.

Di sini terdapat Tower Tele di mana menjadi spot yang pas untuk menyaksikan pemandangan indah dari Danau Toba. 

Para pendaki bisa mengunjungi beberapa tempat menarik lainnya seperti Aek Sipitu Dae, Batu Hobon, dan masih banyak lagi yang menyuguhkan suasana indah dan memberikan pengalaman yang menakjubkan.

4. Bukit Holbung

Di Pulau Samosir terdapat desa, yang salah satunya adalah Huta Holbung. Dengan keindahan alam yang dimiliki, desa ini mulai diminati oleh wisatawan nusantara dan mancanegara.

Holbung disebut-sebut talah berusia lebih dari 200 tahun. Desa ini mempunya daya tarik, yakni Bukit Holbung. Anda bisa menikmati pemandangan menakjubkan yang bakal ditemui di atas sana dan suasana yang betul-betul menyegarkan. Oleh penduduk setempat, lokasi ini disebut sebagai Bukit Teletubbies.

Ketenangan dan kenyamanan yang ditawarkan desa ini sangat cocok bagi Anda untuk menghabiskan liburan sambil menikmati potensi alam dan kehidupan masyarakat setempat. 

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *