Bermain Wahana Sambil Menyuapi Rusa di Kawung Tilu Bojong Rangkas Cikarang

Playing the Rides While Feeding Deer at Kawung Tilu Bojong Rangkas Cikarang

deer

Bermain sambil bertemu hewan lucu, yakni memberi makan rusa bisa jadi aktivitas yang mengasyikkan. Kegiatan ini bisa menjadi pilihan bagi keluarga bersama anak-anak saat akhir pekan atau libur sekolah.

Salah satu tempat yang menyajikan wisata tersebut dengan harga terjangkau ada Kawung Tilu, yang terletak di Kampung Ciranggon, Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Di tengah hiruk-pikuk industri yang ada di kota tersebut, wisata alam Kawung Tilu Bojong Rangkas menyajikan beragam hewan dilindungi.

Salah satu hewan yang dihadirkan ialah rusa yang memiliki bulu cokelat kemerah-merahan hingga abu-abu kecokelatan dengan bagian bawah perut dan ekor berwarna putih.
Rusa ini berjumlah lima ekor dan sengaja didatangkan langsung dari wilayah Cariu, Kabupaten Bogor. Rusa ini termasuk jenis rusa tutul dari India. Wisatawan bisa menyodorkan ubi dan wortel untuk menyuapi rusa cantik tersebut. Gunawan, pemilik Kawung Tilu, mengatakan kehadiran hewan endemik ini bisa menjadi sarana edukasi dan penelitian bagi kalangan akademis.

Kawasan untuk rusa dibuat diatas lahan seluas 3 hektare dengan masih menyediakan kebutuhan habitat secara alami seperti perumputan (grazing area) dengan pohon-pohon pelindung (cover). Fasilitas tambahan yang tersedi adalah tempat minum, shelter dan palungan tempat persediaan pakan dengan pagar di sekelilingnya.

Destinasi wisata taman dikelola para pemuda Cibeet dan dibuka 17 November 2017 lalu dengan diresmikan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.
Suasana disini masih alami karena dikelilingi banyak pohon pinus. Pengunjung juga bisa berfoto dengan spot-spot yang tersedia, seperti di atas perahu dengan lanskap Sungai Cibeet. Atau bisa juga melakukan aktivitas berkeliling di kawasan wisata Bojong dengan menyewa ATV.

Selain menawarkan konsep petualangan, wisata alam Kawung Tilu Bojong Rangkas juga menyajikan acara pentas seni budaya lokal. Diantaranya, pentas seni degung, seni jaipong, topeng banjet, calung, wayang golek, hingga konser dangdut.
Wisata ini dibuka pukul 10.00- 24.00 WIB setiap harinya dengan harga tiket yang terjangku, yakni Rp10.000 saja. Lokasi ini memiliki lahan seluas 12 hektare, tiga hektare di antaranya telah difungsikan wahana seperti permainan outdoor anak, jalur petualangan roda dua dan empat serta sejumlah spot selfie. Sementara lahan sisanya masih dalam pengembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *