Cantik Menawan, 5 Rekomendasi Pulau Di Jawa Timur Yang Wajib Di Kunjungi

Beautiful and Charming, 5 Recommended Islands in East Java You Must Visit

Foto Pulau Jawa, Jawa Timur terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak objek wisata alam

Pulau Jawa, Jawa Timur terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak objek wisata alam

Berada di ujung timur pulau Jawa, Jawa Timur terkenal sebagai wilayah yang memiliki banyak wisata alam lho. Tak hanya gunung dan pantai yang menawan, Jawa Timur juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang memesona.

Pulau-pulau kecil tersebut rupanya sudah menjadi salah satu destinasi terfavorit bagi para wisatawan juga lho. Mau tahu lima pulau apa saja yang bisa jadi rekomendasi saat berlibur ke Jawa Timur? Yuk, simak ulasan berikut ya!

1. Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang memiliki luas 68 hektar dan dihuni oleh 8.000 jiwa. Walaupun secara administratif Gili Ketapang masuk dalam wilayah Kabupaten Probolinggo, namun lokasi pulau ini lebih dekat dengan Madura.

Saat mengunjungi Gili Ketapang, kamu wajib untuk mencoba snorkeling. Bahkan saat kamu snorkeling di sana, akan di temani oleh tour guide lokal juga lho. Memasuki kawasan Pulau Gili Ketapang kamu tidak akan pungut biaya apapun lho. Walaupun hanya pulau kecil, namun Gili Ketapang memiliki pemandangan pantai yang eksotis juga lho.

2. Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak berlokasi di Madura dan secara administratif masuk dalam wilayah kecamatan Pulau Talango. Pulau Gili Labak ini merupakan salah satu pulau terkecil di antara 127 pulau lain yang ada di Kabupaten Sumenep.

Memiliki luas tak lebih dari 5 hektare, kamu bisa mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki dalam waktu tak sampai setengah jam lho. Selain itu, Gili Labak terkenal dengan pantainya yang sangat jernih. Bahkan saat berada di sana, kamu hanya dengan mata telanjang pun dapat melihat bebatuan di dasar pantai. Pulau Gili Labak cocok untuk kamu yang mempunyai hobi snorkeling, karena pemandangan bawah lautnya akan memanjakan matamu.

3. Pulau Sempu

Memiliki segudang pesona alam yang indah, Malang juga dikenal memiliki banyak pantai yang cantik juga lho. Salah satunya adalah Pulau Sempu. Termasuk dalam wilayah kabupaten Malang, di pulau ini rupanya terdapat laguna yang cantik di tengahnya, yaitu Segara Anakan.

Termasuk dalam pulau yang difungsikan sebagai cagar alam sejak zaman pemerintahan Belanda, Pulau Sempu dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur. Jadi kamu yang berniat untuk berkunjung ke pulau ini harus meminta izin kepada balai konservasi sumber daya alam. Karena nanti selama perjalananmu di Pulau Sempu akan ditemani oleh pemandu dari Badan Konservasi.

4. Pulau Nusa Barong

Merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Hindia, Pulau Nusa Barong terletak di Desa Puger Wetan Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pulau Nusa Barong ditetapkan sebagai cagar alam dengan nama Cagar Alam Pulau Nusa Barong sejak tahun 1920.

Terkenal memiliki pantai yang bersih dan pasir putih cerah alami, di Pulau Nusa Barong kamu dapat bermain dengan suasana tropis juga lho. Selain itu kamu juga bisa mendengar suara-suara binatang selama berada di sana.

5. Pulau Bawean

Pulau Bawean secara administrasi termasuk dalam wilayah Gresik, walaupun letaknya di Laut Jawa. Pasukan VOC pun pernah menguasai pulau ini pada tahun 1743. Pulau Bawean dihuni sekitar 70 ribu jiwa yang tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak.

Memiliki banyak pantai yang menawan dengan air jernih, salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Gili Noko. Selain itu di Pulau Bawean juga terdapat danau yang cantik bernama Kastoba. Bagaimana? Itulah lima pulau menawan yang ada di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi saat liburan nanti. Jangan lupa untuk menjaga kebersihannya saat kalian berkunjung ke sana ya!

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Perjalanan: https://www.indonesianupdates.com/category/travel/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *