Dewan Pengawas KPK Masih Proses Penyaringan, Jokowi: Masih Ada Waktu Beberapa Pekan

KPK Supervisory Board Is Still Screening, Jokowi: There Are Still Several Weeks

Foto Berdasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, bahwa ia belum memutuskan siapa yang akan menjadi calon anggota Dewan Pengawas KPK

Berdasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dia belum memutuskan siapa yang akan menjadi calon anggota Dewan Pengawas KPK

Berdasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, bahwa dirinya belum memutuskan siapa saja calon Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, masih ada waktu beberapa pekan sebelum mengambil keputusan.

Bertempat di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (02/12/2019), Jokowi mengatakan saat ini masih dalam proses penyaringan oleh tim internal di Kementerian Sekretariat Negara, jadi belum ada proses finalisasi.

Mempunyai banyak nama calon yang diusulkan, Jokowi ingin memilih sosok yang tepat untuk menjabat sebagai dewan pengawas KPK.

Dia ingin para pengisi posisi Dewan Pengawas KPK memiliki track record dan integritas yang baik. Selain itu, mereka juga diharapkan berpengalaman di bidang hukum, pidana, termasuk yang berkaitan dengan audit pemeriksaan keuangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi mengatakan akan segera mengangkat Dewan Pengawas KPK. Akan tetapi, pengangkatan Dewan Pengawas KPK kali ini tidak akan melalui mekanisme panitia seleksi (pansel) sesuai dengan Pasal 69 A ayat (1) Undang-undang Nomor 19 tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK).

Walaupun tak melalui pansel, Jokowi memastikan orang-orang yang dipilih memiliki kredibilitas yang baik.

Sementara, Juru Bicara Istana, Fadjroel Rachman mengatakan Jokowi tidak akan menunggu uji materi Undang-Undang tentang KPK di Mahkamah Konstitusi (MK) dalam memutuskan calon dewan pengawas KPK.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/political/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *