Mon. Sep 23rd, 2019

Ditemukan Alat Pengintai Miniatur di Dekat Gedung Putih, Donald Trump Tak Percaya Israel Mata-matai AS

Miniature Surveillance Devices Found Near the White House, Donald Trump Doesn’t Believe Israel Is Spying on the US

trump

Menanggapi adanya laporan terkait Israel yang mematai-matai negaranya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pada Kamis (12/9), bahwa dia tidak percaya akan kabar tersebut. Sebelumnya, beredar sebuah laporan yang menyatakan bahwa Israel kemungkinan besar berada di belakang perangkat pengawasan ponsel, yang ditemukan di dekat Gedung Putih dan tempat lain di Washington.

Melansir dari media Politico, menyebutkan bahwa ditemukannya alat pengintai miniatur, yang dikenal sebagai StingRays. Perangkat itu kemungkinan besar terkait dengan Israel.
FBI dan agen-agen AS lainnya melakukan investigasi dan menyimpulkan bahwa Israel bertanggung jawab atas tindakan memata-matai tersebut. Mengutip dari tiga mantan pejabat AS yang mengetahui masalah tersebut, Politico melaporkan pejabat tersebut mengatakan bahwa sudah cukup jelas Israel yang bertanggung jawab.

Atas tuduhan yang ditujukan ke Israel, seorang juru bicara dari kedutaan besar Israel di AS, Elad Strohmayer segera membantahnya. Ia menyebut mereka yang mengeluarkan tuduhan itu hanya menyatakan sebuah omong kosong. Menurutnya, Israel tidak ada melakukan operasi spionase di AS.
Sementara itu, seorang pejabat anonim mengatakan, setelah dilakukannya analisis forensik secara menyeluruh, agen-agen AS menyimpulkan perangkat itu kemungkinan dimaksudkan untuk memata-matai presiden. Kendati penilaian itu dilakukan dalam dua tahun terakhir, tetapi menurut keterangan dari seorang mantan pejabat senior intelijen mengatakan bahwa pemerintahan Trump belum mengambil tindakan apa pun terhadap Israel. Dia menyebut reaksi itu sangat berbeda dengan pemerintahan terakhir.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *