Mon. Sep 23rd, 2019

Dituduh Kembangkan Nuklir Rahasia, Iran Sebut Israel Cari-cari Alasan Untuk Perang

Accused of Developing Secret Nuclear, Iran Call Israel Searching for Reasons for War

Mohammad Javad Zarif

Iran menolak atas tuduhan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menyebut Teheran telah mengembangkan senjata nuklir di sebuah situs rahasia. Alih-alih, Iran menyebut tuduhan Israel itu semata merupakan alasan yang dicari-cari untuk melakukan perang.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dalam cuitannya, Senin (9/9) mengatakan bahwa Israel hanya ingin perang, tidak peduli darah dan mereka yang tidak bersalah. Selain itu ia menyebut, “Pemilik nuklir yang sebenarnya menangis serigala.”
Sebelumnya, pernyataan muncul dari Netanyahu yang mengatakan bahwa Teheran telah mengembangkan senjata nuklir di sebuah situs rahasia berlokasi di Abadeh, Iran. Tapi menurutnya fasilitas itu telah dihancurkan ketika Iran mengetahui situs itu telah terekspos.

Netanyahu menyebut, situs itu didapat dari intelejen miliknya. Siaran langsung ditayangkan lewat televisi yang menampilkan laporan yang juga sekaligus memmperlihatkan gambar foto dari situs yang dituduhkan itu. Netanyahu menuduh Iran melakukan penelitian terkait pengembangan senjata nuklir di situs tersebut.
Sementara Teheran berdalih program nuklir yang mereka kembangkan hanya ditujukan untuk tujuan damai.

Di sisi lain, beberapa waktu lalu, Zarif sempat melontarkan pernyataan bahwa ada “tim-B” yang dibentuk dalam rangka melancarkan konflik dengan Teheran. Tim-B yang dimaksud menurut Zarif memiliki anggota yang terdiri dari penasihat keamanan nasional Presiden AS Donald Trump John Bolton, Netanyahu dan Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *