Donald Trump dan Kim Jong-Un Bertemu di Vietnam

Donald Trump and Kim Jong-Un Meet in Vietnam

Selasa tanggal 26 Februari kemarin, Presiden AS Donald Trump mendarat di Hanoi untuk bertemu dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un yang tiba beberapa jam sebelumnya. Ini merupakan pertemuan KTT kedua mereka yang akan diadakan selama 2 hari.

Diperkirakan, AS akan meminta Korea Utara untuk melakukan langkah kongkret terkait penghentian proyek senjata nuklirnya. Air Force One membawa rombongan Trump ke Hanoi dan mendarat pukul 21.00 waktu setempat.

Di akun twitternya, Trump menulis bahwa dia baru saja mendarat dan sangat mengapresiasi sambutan hangat yang dia terima di Hanoi. Dia juga mengatakan banyaknya cinta yang dia rasakan melalui sambutan tersebut.

Sementara itu, Kim Jong-Un menempuh jarak 3.000 km atau sekitar 1.800 mil, dengan menggunakan kereta api melalui China dari Pyongyang. Namun dari stasiun perbatasan hingga Hanoi, Kim melanjutkan perjalanannya dengan mobil.

Trump dan Kim memulai pertemuan pertama mereka di Singapura pada Juni 2018 lalu dan Rabu tanggal 27 Februari ini mereka akan mengadakan makan malam serta berbicara dengan didampingi oleh penerjemah dan dua tamu lainnya. 

Mereka telah menjadwalkan untuk kembali bertemu pada hari Kamis, demikian kata Sarah Sanders sebagai juru bicara White House. Pertemuan ini untuk menyambung pertemuan pertama mereka di Singapura 8 bulan lalu.

Pertemuan di Singapura itu dilakukan sebagai upaya untuk memecah kekakuan akibat puluhan tahun permusuhan antara kedua negara. Pada pertemuan kedua ini, Trump akan mendesak Kim untuk memenuhi komitmennya dalam mewujudkan denuklirisasi di sepanjang semenanjung Korea.

Di lain pihak, Kim juga menuntut konsensi AS seperti bantuan terhadap sanki dan juga pernyataan dari AS bahwa Perang Korea yang terjadi antara 1950-1953 secara resmi telah berakhir.

Saat mendarat di Hanoi dan menuruni tangga Air Force One, Trump disambut oleh beberapa pejabat Vietnam dan AS. Kemudian Trump di bawa dengan konvoi mobil ke Hotel JW Marriott dan melewati kerumunan yang mengibarkan bendera tiga negara, yaitu AS, Korea Utara dan Vietnam.

Begitu juga dengan Kim, kedatangannya disambut oleh pejabat Vietnam di stasiun Dong Dang. Kim mendapat sambutan dengan karpet merah yang dipenuhi dengan penjaga kehormatan dan marching band. Bendera Vietnam dan Korea Utara juga dikibarkan untuk menyambut Kim di Vietnam.

Dalam kunjungan kali ini, Kim didampingi Kim Yo-Jong, adik perempuannya sebagai seorang pembantu pentingnya. Kim juga di kawal oleh sekitar 12 orang pengawal yang berlari di samping limusinnya saat berangkat ke Hanoi. Kim juga sempat melambaikan tangan dan melempar senyum untuk anak-anak yang berdiri sepanjang rutenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *