Dugaan Kasus Korupsi Besar, Mahfud MD Sebut Jokowi Pernah Lapor Namun Tak Disentuh KPK

Allegedly Corruption Case, Mahfud MD Call Jokowi Ever Reported But Not Touched by the KPK

Foto Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) serius ingin memberantas korupsi di tanah air. Kini Mahfud MD telah mendapat tugas dari Jokowi untuk terus memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), agar kasus-kasus korupsi besar dapat diungkap oleh KPK.
Sebagai bentuk penguatan hukum negara, Jokowi juga meminta penguatan di berbagai lembaga, termasuk KPK. Mahfud menambahkan, Jokowi ingin ke depannya agar KPK terlihat lebih sengit dalam mengungkap kasus-kasus korupsi besar.

Meskipun tak menceritakan kasusnya secara rinci, Mahfud menyebut Jokowi pernah melaporkan sendiri kasus korupsi itu ke KPK. Namun pada akhirnya kasus tersebut tidak pernah terungkap. Mahfud menyebutkan bahwa dugaan kasus tersebut termasuk dalam kasus besar.
Mahfud menyampaikan hal tersebut kepada tokoh nasional yang memiliki tujuan sama dengan dirinya untuk mendesak Jokowi, agar menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (Perppu KPK). Pada saat itu, Mahfud masih belum menjabat sebagai Menko Polhukam.

Setelah sebulan menjabat sebagai Menko Polhukam, Mahfud kembali mengundang tokoh-tokoh dari koalisi masyarakat sipil, untuk membahas komitmen pemerintah. Pembahasan ini tentunya terkait dengan pemberantasan korupsi. Tokoh yang hadir dalam rapat tersebut, antara lain Goenawan Muhammad, Frans Magnis Suseno, Bivitri Susanti, hingga Emil Salim.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/political/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *