Festival Condet Disebut Pemkot Jatim Langgar Aturan, Panitia: Kami Kantongi Izin Polda

Condet Festival Called East Java City Government to Break the Rules, Committee: We Pold the Polda Permit

festival

Pemkot Jakarta Timur (Jaktim) menilai pelaksanaan Festival Condet telah melanggar aturan karena menutup salah satu titik di kawasan Jalan Raya Condet. Panitia Festival Condet menepis tudingan Pemkot Jaktim dan menyebut telah mendapatkan izin dari Polda Metro Jaya.

Penanggung Jawab Festival Condet, Iwan Setiawan memberikan konfirmasi, Selasa (31/7) mengatakan pihaknya telah mendapatkan izin keramaian dari Polda Metro Jaya.

Iwan mengungkapkan, meski salah satu titik di Jalan Raya Condet ditutup selama gelaran festival ini, namun Polda Metro Jaya memberikan izin dengan dilakukannya rekayasa lalu lintas.

Iwan lalu mempertanyakan aturan ketertiban umum yang dimaksud wali kota Jaktim pada Perda Nomor 8 tahun 2017 yang membuat Festival Condet dinilai melanggar aturan.

Iwan menyebut, pihaknya memahami izin suatu kegiatan masyarakat ada di kepolisian. Untuk itu, ia menilai Festival Condet tak bermasalah karena sudah ada izin yang dikantongi dari Polda Metro Jaya.

Iwan juga menepis pernyataan Wali Kota Jakarta Timur M Anwar yang menyebut sudah memberikan saran kepada panitia agar Festival Condet digelar di lapangan terbuka. Saat dilakukan audiensi dan bertemu dengan asisten perekonomian sebagai perwakilan dari pemkot Jaktim, Iwan mengatakan panitia Festival Condet hanya dilarang melakukan kegiatan di jalanan Condet tanpa diberikan solusi tempat alternatif.

Sebelumnya, Pemkot Jakarta Timur melihat ada aturan yang dilanggar dalam pelaksanaan Festival Condet 2019 pekan lalu, yakni adanya penutupan jalan di salah satu titik di kawasan Jalan Raya Condet, Jakarta Timur.
Menurut Wali Kota Jaktim M Anwar, hal tersebut mengganggu kepentingan umum. Apalagi sudah ada aturan terkait ketertiban umum yang tercantum dalam Perda Nomor 8 tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *