Ganggu Aktivitas Harian, Asma Disebabkan Oleh Kebiasaan Sehari-hari yang Tak Sehat

Interrupt Daily Activities, Asthma Is Caused By Unhealthy Daily Habits

Foto Asma Disebabkan Kebiasaan Harian yang Tidak Sehat

Asma adalah suatu kondisi gangguan pada tubuh di mana saluran udara menyempit dan membengkak.

Asma menjadi salah satu kondisi gangguan pada tubuh di mana saluran udara menyempit dan membengkak. Kondisi ini ditambah tambah dengan menghasilkan lendir ekstra. Akibatnya, seseorang bisa mengalami kesulitan bernapas dan memicu batuk, mengi hingga sesak napas.

Mungkin bagi sebagian orang, asma adalah gangguan ringan. Namun, bagi yang lain, kondisi itu bisa menjadi masalah besar yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Atau bahkan hal terburuk, dapat menyebabkan serangan asma yang mengancam jiwa.

Menurut penuturan dr. Theresia Sandra Diah Ratih, MHA selaku Kepala Subdirektorat Penyakit Paru dan Gangguan Imunologi, Kementerian Kesehatan dalam jumpa pers yang diadakan di Mandarin Oriental Jakarta, Senin (14/10/2019), bahwa asma disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari, diantaranya oleh polusi udara dan asap rokok

Penyakit ini, sebut dr. Theresia, tidak bisa disembuhkan, tetapi gejalanya dapat dikendalikan, sedangkan anak-anak masih bisa sembuh. Asma sendiri diketahui sering berubah dari waktu ke waktu. Untuk itu, penting bagi pasien untuk berkoordinasi dengan dokter untuk melacak tanda dan gejala serta menyesuaikan perawatan yang diperlukan.

Menurut dr. Theresia, hanya sepertiga penderita yang tahu dirinya sakit dan mau berobat, sedangkan lainnya tidak mau berbuat apa-apa.

Adapun jumlah penderita penyakit asma adalah sebesar 4,5% dari populasi di Indonesia. Jumlah kumulatif kasus penyakit ini mencapai sekitar 11.179.032 penderita. Menurut catatan data dari Survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan tahun 2005, bahwa penyakit paru-paru kronis menjadi salah satu dari 10 penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Kesehatan: https://www.indonesianupdates.com/category/health/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *