Sun. Aug 18th, 2019

Gangguan Penglihatan, Waspadai Gejala Diabetes

Vision Impaired, Beware of Diabetes Symptoms

eye disease

Orang yang menderita diabetes Tipe 2 memiliki risiko tinggi mengalami komplikasi diabetes pada mata.
Berdasarkan pernyataan dari National Eye Institute yang dilansir dari Express (7/8) bahwa semua bentuk penyakit mata pada penderita diabetes berpotensi terhadap gangguan penglihatan dan kebutaan.

Itu sebabnya, para ahli kesehatan menekankan akan pentingnya mengenal gejala diabetes, termasuk tindakan yang harus segera diambil ketika mengalami penurunan penglihatan. Gangguan penglihatan ini menjadi salah satu gejala diabetes yang kerapkali diabaikan orang.
Penyebab penyakit diabetes Tipe 2 muncul adalah akibat kadar gula yang tinggi pada darah, yang kemudian dapat memicu terjadinya kerusakan pada pembuluh darah, saraf, hingga organ.

Penglihatan sangat dipengaruhi oleh pembuluh darah, yang apabila rusak maka penglihatan pun terganggu. National Eye Institute menyebut, penderita diabetes jika mengalami penyakit mata, diantaranya retinopati diabetik, diabetic macular edema, katarak, dan glaukoma.

Gangguan penglihatan pada diabetes yang pertama yaitu retinopati diabetik. Pembuluh darah yang terganggu pada kondisi ini menyebabkan pendarahan dan mengganggu penglihatan.

Penderita kemungkinan tak merasakan adanya gejala awal hingga penderita mengalami gangguan penglihatan, seperti melihat benda mengambang, yang sebenarnya itu adalah kondisi di mana kebocoran darah pada mata. Risiko yang dihadapi dari kondisi ini adalah kehilangan penglihatan permanen.

Gangguan penglihatan lainnya yaitu penyakit glaukoma. Kondisi ini terjadi akibat adanya tekanan cairan yang menumpuk di bagian dalam mata akibat diabetes. Risikonya bisa menyebabkan kerusakan pada saraf dan pembuluh darah yang memicu gangguan penglihatan.

Gangguan penglihatan tersebut umumnya dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan termasuk tetes mata. Bisa juga operasi serta laser mata apabila diperlukan.

Pola hidup tak sehat disinyalir menjadi penyebab penyakit diabetes Tipe 2. Diabetes merupakan penyakit kronis yang akan disandang seumur hidup bisa seseorang sudah terkena.

Oleh karena itu, penderita harus pandai mengatur pola hidup agar kadar gula dalam darah tetap dalam kondisi stabil. Lakukan pengecekan rutin terhadap kadar gula darah, tekanan darah, serta kolesterol untuk mengontrol kondisi gula darah.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *