Hari Berkabung Nasional Ditetapkan Untuk Kenang Kepergian BJ Habibie

National Mourning Day Set for Remembrance of BJ Habibie’s Departure

habibie 1

Seluruh masyarakat Indonesia kehilangan tokoh bangsa, yakni Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie yang meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Rabu (11/9). Untuk mengenang sosok beliau, pemerintah menetapkan hari berkabung nasional yang dilangsungkan selama tiga hari sampai Sabtu (14/9).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno bertempat di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta mengatakan hari berkabung nasional ditetapkan sebagai bentuk duka cita kepada BJ Habibie dan dilakukan selama tiga hari sampai tanggal 14 September.

Untuk itu, Pratikno mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengibarkan bendera setengah tiang mulai Rabu malam (11/9) sampai 14 September. Bukan hanya masyarakat, kantor-kantor pemerintah baik di dalam maupun luar negeri juga diminta turut mengibarkan bendera setengah tiang.

Imbauan untuk mengibarkan bendera setengah tiang itu tertuang melalui surat B- 1010/M.Sesneg/Set/TU.0010912019 11 September 2019.
Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di mana ia dirawat sejak 1 September 2019 di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Beliau meninggal akibat gagal jantung. Kabar meninggal ini disampaikan putranya, Thareq Kemal.

Jenazah tokoh berjuluk bapak teknologi itu kemudian akan dibawa ke kediamannya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta. Rencananya Kamis (12/9) Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta bersebelahan makam dengan makam istrinya, yakni Ainun yang meninggal pada 22 Mei 2010 di Muenchen. Habibie sebelumnya sudah berpesan apabila dirinya meninggal agar dimakamkan di sebelah makam istrinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *