Hari HAM Sedunia, Amerika Serikat Jatuhkan Sanksi Kepada Panglima Militer Myanmar

World Human Rights Day, the United States Imposes Sanctions on Myanmar Military Commander

Foto Komandan Militer Myanmar Min Aung Hlaing

Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, Amerika Serikat Memberi Sanksi kepada Komandan Militer Myanmar

Pada Selasa, 10 Desember 2019, Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada empat pejabat tinggi militer Myanmar. Hal ini seiring bertepatannya dengan pertama siding sesi dengan yang dihadiri Aung San Suu Kyi di Pengadilan Internasional di Den Haag, Belanda, atas tuduhan genosida terhadap etnis minoritas Rohingya dan etnis minoritas lainnya, seperti dikutip dari Reuters (11/12). Sebanyak emat militer akan dikenai sanksi, salah satunya adalah panglima militer Myanmar, Min Aung Hlaing.

Suu Kyi dalam sidangnya di DenHaag, Belanda itu disebut akan membela apa yang menjadi kepentingan negaranya.

Sementara itu, dalam keterangannya, Kementerian Keuangan AS mengatakan bahwa pasukan militer Myanmar telah melakukan pelanggaran HAM serius di bawah kepemimpinan Min Aung Hlaing.

“Masyarakat etnis minoritas dibunuh atau dilukai oleh senjata. Ketika etnis minoritas itu kocar-kacir, pasukan militer menggunakan senjata laras panjang, ada pula yang membakar mereka dalam rumah-rumah mereka,” begitu bunyi keterangan Kementerian Keuangan AS.

Diketahui, sanksi yang dijatuhkan kepada militer Myanmar itu di bawah aturan undang-undang HAM Global Magnitsky, yang menargetkan para pelanggar kejahatan HAM berat dan koruptor. Kempat pejabat tinggi militer Myanmar dijatuhkan sanksi berbarengan dengan hari HAM sedunia.

Tindakan lanjutan dari sanksi tersebut, AS akan membekukan aset-aset milik mereka yang kena sanksi . Selain itu Washington melarang warga AS dalam melakukan aktivitas bisnis dengan mereka. Adapun anggota lainya yang dikenakan sanksi, yaitu Wakil Panglima Militer Soe Win serta dua kepala elit militer yang dinilai bertanggung jawab atas terjadinya pembantaian terhadap etnis Rohingya.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/international/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *