Hujan Saat Musim Kemarau, Berikut Penjelasan BMKG

Rain during the Dry Season, Following Explanation of BMKG

BMKG

Hujan mengguyur wilayah Surabaya dan sekitarnya. Padahal saat ini seharusnya Indonesia memasuki musim kemarau yang diprediksi terjadi di bulan Juni sampai Oktober.

Kepala Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan hujan tak hanya terjadi di Surabaya saja. Beberapa wilayah di Jawa Timut juga terkena guyuran hujan. Teguh menegaskan meski memasuki bulan kemarau, wajar saja jika terjadi hujan.

Tak hanya itu, Teguh memaparkan jika memang ada beberapa faktor yang mempengaruhi dari adanya hujan ini. Jika dalam skalanya ada pemicu hujan lokal dan regional. Misalnya pemicu hujan dari regional adanya pusaran di wilayah lain, seperti pantauannya yang sebelumnya ada pusaran di wilayah Sumatera, di wilayah utara Indonesia atau di perbatasan Filipina.

Terjadinya belokan angin di beberapa wilayah di Indonesia yang mempengaruhi pertumbuhan awan juga merupakan salah satu pemicu terjadinya hujan.

Kendati demikian, Teguh mengatakan pihaknya memprediksi jika besok, hujan tidak lagi turun dan kembali normal. Dia mengatakan fenomena ini hanya bersifat periodik yang terjadi selama satu atau dua hari saja.
Prediksinya, Jawa Timur besok (6/7) cuaca kembali normal dan cerah kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *