Ingin Tambah Daya Baterai Mobil Listrik, Toyota Uji Coba Mobil Prius Dengan Panel Surya

Want To Add Battery Power To Electric Cars, Toyota Tests Prius Cars With Solar Panels

electric car

Belakangan ini mobil listrik sedang mulai menarik minat banyak pabrikan mobil dan masyarakat. Kendaraan ramah lingkungan ini masih mempunyai kendala pada proses isi ulang baterainya yang memerlukan waktu cukup panjang. Selain itu, jarak tempuh mobil masih belum dapat mengalahkan mobil bermesin pembakaran internal. Ingin memberi jawaban atas persoalan itu, Toyota ingin mengatasinya dengan melengkapi panel surya pada produk model Prius.

Pengujian sudah dimulai pada bulan Juli lalu. Dilansir dari Digital Trends (13/9), program pengujian dilakukan dengan menggandeng NEDO dan Sharp untuk berkerja sama dengan Toyota. Shrap merupakan pihak penyedia panel surya yang ada di kap, atap, jendela belakang, dan spoiler belakang. Panel surya ini hanya memiliki ketebalan 0.03 mm sehingga memungkinkan untuk dibentuk sesuai desain mobil.

Toyota sendiri sudah menawarkan atap panel surya untuk Prius di beberapa pasar. Akan tetapi purwarupa panel surya yang terbaru ini dikabarkan agak lebih mutakhir. Kemampuan dari panel surya ini bisa mengisi daya baterai mobil saat diparkir atau saat berkendara. Pada pengujian tersebut, kapasitas baterai dibuat lebih besar. Dengan tambahan sel baterai ekstra di dalam bagasi, bobotnya bertambah sebanyak 81 kg.

Pada pengujian awal, panel surya itu mampu menambah jarak tempuh sepanjang 56 km saat mengemudi, dan 43 km saat diparkir. Pada mobil uji, Panel surya Sharp lebih besar dan lebih baik dalam mengubah sinar matahari menjadi lisrik, ketimbang panel yang digunakan Prius sebelumnya. Tingkat efisiensi dari panel Sharp mencapai 34 persen. Sedangkan sistem yang digunakan dalam produksi massal sebesar 22,5 persen.

Angka persentase daya listrik yang diberikan oleh panel kemungkinan dapat berubah tergantung dari kondisi cuaca. Namun, jika pabrikan ingin menghadirkan daya listrik yang lebih besar dari sinar matahari, maka diperlukan penggunaan panel surya yang lebih banyak dan hal ini bisa membuat biaya mobil menjadi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *