Thu. Aug 22nd, 2019

Investasi di Bisnis Lain, Laba Hero Supermarket Turun Rp 26 Miliar

Investment in Other Businesses, Hero Supermarket Profit Declines IDR 26 Billion

hero supermarket

PT Hero Supermarket Tbk. mengalami penurunan laba perseroan pada semester I/2019. Berdasarkan laporan keuangannya, laba perseroan merosot sebesar 76,96% menjadi RP 7,9 miliar. Tahun sebelumnya laba yang tercatat adalah sebesar Rp 34,29 miliar.

Presiden Direktur Hero Supermarket Patrick Lindvall mengatakan bahwa turunnya keuntungan sebesar RP 26 miliar itu disebabkan investasi yang dikucurkan pada gerai bisnis lainnya, yakni IKEA.

Selain itu, di periode tersebut emiten berkode saham HERO tersebut mengalami penurunan pendapatan, yakni sebesar 2,48% menjadi Rp 6,67 triliun. Tahun sebelumnya pendapatan yang tercatat adalah Rp6,84 triliun. Hal ini menurut Patrick karena disebabkan oleh perbaikan dalam mengoptimalkan toko di bisnis makanan.
Kendati ada penurunan pada pendapatan, namun perseroan mulai mendapatkan manfaat dari tren pertumbuhan penjualan like-for-like pada bisnis makanan.
Upaya tahap awal program transformasi multi-tahun perseroan dinilai menunjukkan kemajuan positif. Usaha yang dilakukan adalah untuk meningkatkan standar operasi, layanan toko dan model bisnis perseroan, dan pendekatan yang konsisten terhadap pemberian harga yang kompetitif.

Kedua bisnis HERO, yakni IKEA dan Guardian mengalami pertumbuhan penjualan dua digit. IKEA secara konsisten memberikan kinerja yang kuat dan pertumbuhan penjualannya. Kemajuan bisnis perabotan ini juga didorong dengan adanya kontribusi pertumbuhan lewat bisnis e-commercenya, serta menambahkan lebih banyak titik penjemputan ke dalam jangkauannya.
Lain halnya dengan IKEA, Guardian mempertahankan posisi harga pasar yang kuat. Selain itu, Guardian juga melakukan serangkaian renovasi toko yang sukses, dengan penekanan lebih besar pada kategori kecantikan disertai penambahan produk-produk bersertifikat halal yang memberikan antusias yang baik pada pelanggan yang berdampak pada peningkatan penjualan.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *