Jadi Alat Pembayaran, WhatsApp Pay Segera Diluncurkan di India

Becoming a Payment Tool, WhatsApp Pay Will Be Launched Soon in India

WhatsApp pament

WhatsApp dikabarkan telah menciptakan fasilitas penyimpanan data untuk memperkenalkan WhatsApp Pay ke seluruh pengguna di India. Di negara ini, aplikasi obrolan itu diperkirakan memiliki 400 juta pengguna.

Layanan WhatsApp Pay tersebut saat ini tengah dilakukan audit oleh Tim Respons Darurat Komputer India (CERT-IN). Begitu audit selesai, WhatsApp dapat meluncurkan WhatsApp Pay di seluruh India.

Sebelumnya, uji coba WhatsApp Pay versi beta dilakukan pada 2018 lalu, yang melibatkan 1 juta pengguna. Akan tetapi, pemerintah India kemudian mengeluarkan peraturan terkait privasi yang mencegah WhatsApp langsung merilisnya pada pengguna.
Versi beta WhatsApp Pay tersebut diluncurkan pada Februari 2018, dan pengguna disarankan menautkan akun mereka ke rekening bank.
WhatsApp Pay memiliki potensi untuk mengguncang pasar pembayaran seluler India dengan memanfaatkan popularitas WhatsApp, mengingat India merupakan pengguna terbesar WhatsAp di dunia. Namun belum tahu kapan pastinya perilisan WhatsApp Pay di negara itu.
Layanan WhatsApp Pay disebut hampir sama dengan WeChat Pay, yang merupakan pemain top pembayaran seluler China, dengan 800 juta pengguna aktif bulanan.
Mengenai kabar apakah WhatsApp Pay juga akan meluncur di Indonesia, belum diketahui informasinya hingga saat. Namun, Facebook, sebagai induk perusahaan WhatsApp sepertinya sedang berupaya untuk memanfaatkan ekosistem pengguna untuk tak hanya menjadikan WhatsApp sekedar media sosial. Hal ini terlihat dari diluncurkannya Libra mata uang kripto besutan Facebook, belum lama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *