Jangan Anggap Sepele Gejala Serangan Jantung Berikut

Don’t assume trivial symptoms of the following heart attacks

heart attack

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah yang membawa oksigen tiba-tiba tersumbat. Penyebab tersumbat biasanya karena jalan aliran darah tertutup diantaranya oleh timbunan lemak, kolesterol, dan substansi lain yang mengeras di pembuluh arteri.

Terkadang, kondisi plak terpecah kemudian menjadi serpihan sehingga mengganggu aliran darah atau bisa juga merusak bagian otot jantung. Meski sering terjadi tiba-tiba, namun serangan jantung sebetulnya ada gejala awal yang dirasakan penderita.

Oleh karena itu, agar penderita tidak menganggap sepele gejala serangan jantung agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut tujuh diantara gejala awal dari serangan jantung.

1.Rasa tidak nyaman pada dada

Salah satu gejala serangan jantung adalah rasa tak nyaman yang dirasakan pada area dada. Rasanya seperti sensasi ditekan, berat, maupun nyeri. Penyebabnya adalah karena pembuluh arteri yang mulai tertutup.

Tiap-tiap orang akan merasakan sensasi rasa tak nyaman pada area dada yang bervariasi. Biasanya rasa tak nyaman berlangsung dalam hitungan menit saat istirahat atau saat melakukan pekerjaan yang berat.Mudah Lelah
Rasa lelah merupakan hal wajar setelah melakukan aktivitas. Begitupun saat orang kekurangan pasokan zat besi. Namun jika rasa lelah itu cepat dirasakan padahal tak melakkan aktivitas yang tak begitu berat, bisa jadi ini gejala serangan jantung.

2. Kepala pening
Orang yang kehilangan keseimbangan akibat kepala pening bisa disebabkan banyak hal. Bisa jadi karena kurang cukup minum, tekanan darah rendah, atau cuaca panas.

Akan tetapi jika rasa pening itu tiba-tiba menyerang disertai rasa tak nyaman pada dada dan napas pendek, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Sebabnya tekanan darah drop karena jantung tidak bisa memompa seperti seharusnya.

3.Mendengkur
Rasa lelah yang tak tertahankan seringkali membuat orang tidur dengan mendengkur. Namun harap diwaspadai jika suara dengkuran cukup keras dan mengganggu, sebab bisa merupakan gejala sleep apnea.

Sleep apnea terjadi saat berhentinya napas secara tiba-tiba selama beberapa saat dalam kondisi masih tertidur. Gangguan tidur ini bisa menyebabkan tekanan ekstra pada jantung.

4.Bengkak pada kaki
Saat jantung tak bekerja dengan seharusnya, makan darah tidak dimpompa dengan efektif yang berakibat timbul bengkak pada area kaki. Jantung yang tidak bisa memompa darah cukup cepat sehingga darah tertumpuk di pembuluh vena.

Pada kondisi gagal jantung pun bisa membuat kinerja ginjal menurun, di mana akan kesulitan mengeluarkan cairan dan garam berlebih dari tubuh. Akibatnya akan timbul bengkak.

5.Batuk yang sulit sembuh
Secara umum, batuk bukanlah dari gejala masalah jantung. Namun bagi orang yang sudah mempunyai penyakit jantung, batuk yang diderita harus diperhatikan lebih seksama.

Jika batuk yang dialami berlangsung lama dan sampai mengeluarkan lendir berwarna putih atau pink, bisa jadi ini merupakan gejala serangan jantung. Jantung tidak sanggup memenuhi permintaan darah oleh tubuh, sehingga darah pun bocor ke area paru-paru.

6.Rasa sakit hingga ke lengan
Rasa sakit yang dirasakan pada dada sebelah kiri bisa menjalar ke area tubuh sebelah kiri. Gejala serangan jantung pun bisa ditandai dengan rasa sakit yang menyerang pada lengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *