Jangan Buang BIji Mangga, Berikut 5 Manfaatnya Bagi Tubuh

Don’t Throw Mango Seedling, Here Are 5 Benefits for the Body

Foto biji mangga menjadi salah satu bahan dalam saus tradisional

Biji mangga menjadi salah satu bahan dalam saus tradisional

Hampir semua orang kemungkinan menyukai mangga apapun jenisnya. Namun, jika berbicara tentang biji mangga, mungkin Anda berpikir untuk membuangnya lantaran keras dan rasanya yang lebih pahit. Padahal biji mangga ternyata mengandung nutrisi yaitu berupa vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Memang untuk mendapatkan manfaatnya, kita tidak bisa langsung memakannya, melainkan harus diolah terlebih dahulu.

Salah satu negara, seperti di Meksiko, biji mangga menjadi salah satu bahan pada saus tradisional. Manfaat lainnya, biji mangga juga bisa dijadikan bahan minuman infused. Selain itu, dengan dijadikan ekstrak, biji mangga dapat dikonsumsi melalui suplemen ekstrak biji mangga.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat biji mangga bagi kesehatan.

1. Penyakit kardiovaskular

Biji mangga yang dijadikan ekstrak dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Manfaatnya, bisa untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Ketombe

Apabila bermasalah dengan kulit kepala dan rambut, biji mangga dapat membantu merawat kulit kepala yang berketombe dan rambut yang rusak. Menurut informasi dari Health Benefits Times, bahwa untuk mendapatkan manfaat ini, biji mangga dapat dihaluskan dan dicampur dengan minyak mustard. Setelahnya, biarkan beberapa waktu. Kemudian, aplikasikan campuran ini ke rambut dan kulit kepala.

3. Diare

Masalah pencernaan seperti diare juga bisa diatasi dengan keampuhan biji mangga. Berdasarkan informasi dari NDTV, kandungan vitamin yang ada di dalam biji mangga dapat melawan bakteri jahat di dalam sistem pencernaan. Tak hanya itu, biji mangga juga kaya akan fenol yang merupakan antioksidan yang baik untuk pencernaan.

4. Gigi

Untuk menjaga gigi tetap sehat dan juga mencegah gigi berlubang bisa menggunakan bubuk biji mangga. Dilansir dari Mango, situs tentang mangga, di Karibia untuk anak-anak yang mengalami sakit pada gusi bisa menggunakan biji mangga untuk meredakannya.

5. Jerawat

Untuk kecantikan, ekstrak atau pun lulur dari biji mangga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Biji mangga baik bagi kulit karena dapat menghilangkan berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, serta kulit-kulit mati. Anda bisa mencoba mendapatkan khasiatnya, yaitu racikan biji mangga dapat langsung dioleskan ke kulit serta wajah.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Kesehatan: https://www.indonesianupdates.com/category/health/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *