JK Minta Penerima Beasiswa LPDP Ciptakan Lapangan Kerja

JK Asks LPDP Scholarship Recipients to Create Jobs

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia membutuhkan banyak pencipta lapangan kerja karena masih banyak pengangguran ditemukan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan JK kepada penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Wapres berharap putra putri pilihan bangsa tersebut mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

“Masih banyak pengangguran, jadi kita butuh orang yang dapat create (menciptakan) lapangan kerja. Investasi dan ekspor kita masih rendah dibandingkan negara lain, kita butuh anak muda yang kreatif,” kata JK di Kementerian Keuangan, Jumat (15/3).

JK juga berpesan agar para penerima beasiswa LPDP tersebut tidak berharap untuk bekerja di birokrasi. Sebab, salah satu tujuan mengirim putra putri bangsa untuk menuntut ilmu di luar negeri dengan uang negara adalah agar memberikan sumbangan kepada perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dirinya meminta  para penerima beasiswa LPDP berpikir bagaimana mereka mempekerjakan orang, bagaimana menjadi produktif dan inovatif.  Dengan dikirimnya mereka ke luar negeri, untuk melihat perbandingan itu.

Menurut JK, negara maju adalah negara yang memiliki semangat, tingkat pengetahuan masyarakat, dan kualitas SDM yang tinggi. Negara maju tidak hanya ditentukan oleh kekayaan akan Sumber Daya Alam (SDA).

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2018 sebesar 5,34 persen dari angkatan kerja. BPS mencatat angka yang cukup tinggi 7 juta orang Indonesia yang masih menjadi pengangguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *