Juli 2020 Orang Kaya Tak Bisa Lagi Beli Elpiji 3 Kg

July 2020 Rich People Can No longer Buy LPG 3 Kg

Foto Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan distribusi 3 kg subsidi LPG

Memasuki semester II-2020 nanti atau sekitar bulan Juli,Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penyaluran subsidi Elpiji 3 kg. Rencananya, penyaluran subsidi Elpiji 3 kg tidak lagi diberikan pada komoditasnya per tabung, tapi ke penerima, yaitu masyarakat yang dinilai kurang mampu.

“Ke depan pemerintah berencana memberikan subsidi tidak pada komoditas Elpiji 3 kg tapi lebih pada penerima yang berhak,” ujar Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto bertempat di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020).

Sejumlah pihak disebut akan terlibat dalam koordinasi yang tengah dilakukan Kementerian ESDM saat ini. Mereka diantarnya adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Ini juga termasuk membahas bagaimana cara penyaluran subsidi yang menyasar penerima manfaat.

“Kita sedang rumuskan bagaimana kebijakannya mekanismenya dan teknologi sehingga bisa lebih tepat sasaran,” ucap Djoko.

Adapun target untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut, Djoko menyebut di pertengahan 2020. Pihaknya juga berharap kebijakan ini bisa menyasar penerima manfaat lebih banyak lagi.

“6 bulan ke depan kerjakan itu dan mudah-mudahan awal semester II-2020 distribusi Elpiji tepat sasaran langsung kepada penerima yang berhak insyaallah saving akan semakin besar,” tuturnya.

Lalu bagaimana caranya agar penyaluran gas elpiji 3k gini tepat sasaran? Salah satu metode yang sedang dipikirkan adalah dengan kemungkinan penggunaan sistem barcode. Sehingga, data pembeli elpiji 3 kg terekam dalam data yang terhubung dengan bank.

Djoko mencontohkan dengan QR code itu misalknya seseorang membeli 3 tabung subsidi seharga Rp 100 ribu, lalu transfer pembayaran lewat bank. Dari situ nantinya bisa dicek rata-rata kebutuhan orang miskin 3 tabung.

“Kalau beli lebih dari 3 bisa dilihat mana yang berhak mana yang nggak,” imbuhnya

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bisnis: https://www.indonesianupdates.com/category/business/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *