Kabar Baik Pemilik Kendaraan Listrik, Gubernur DKI Anies Resmi Bebaskan Pajak di Jakarta

Good News Owners of Electric Vehicles, DKI Governor Anies Official Waives Taxes in Jakarta

Foto Gubernur DKI Anies Resmi Menghilangkan Pajak di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta AniesBaswedan akhirnya membebaskan pajak atas Transfer Kendaraan Bermotor

Kabar baik datang bagi para pemilik kendaraan listrik di ibu kota. Pasalnya, Gubernur DKI JakartaAniesBaswedan akhirnya membebaskan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) kendaraan bermotor berbasis listrik, baik roda dua maupun roda empat atau lebih untuk wilayah DKI Jakarta.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Insentif Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

“Terhitung mulai 2020, kegiatan jual beli, tukar menukar, hibah, warisan kendaraan motor berbasis listrik, baik roda empat maupun roda dua, diberikan pembebasan bea balik nama,” ungkapAniesBaswedan bertempat di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Akan hal ini, Anies pun mengklaim bahwa Pemprov DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang membebaskan pajak BBN-KB untuk kendaraan listrik, yang kini memang makin banyak produk kendaraan tanpa bahan bakar tersebut.

“Pemprov DKI menjadi pemerintah provinsi pertama yang mengeluarkan peraturan pembebasan pajak BBNKB,” tutur Anies.

Tapi perlu diperhatikan, bahwa pembebasan pajak ini berlaku hanya untuk kendaraan listrik, tidak termasuk kendaraan semi listrik.

“Jadi hanya kendaraan bermotor yang 100 persen menggunakan listrik berbasis baterai,” kata Anies.

Oleh karena itu, Pemprov DKI mengharapkan Jakarta bisa berkurang polusinya di mana masyarakat terdoronguntuk beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, pemilik kendaran akan mendapatkan manfaat ekonomis dari adanya kebijakan pembebasan pajak BBN-KB.

“Kita berharap dengan demikian salah satu ikhtiar untukmendorong penggunaan kendaraan bebas emisi di Jakarta akan bisa berjalan baik ini kewenangan yang ada dilevel pemerintah daerah,” imbuhnya

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *