Kaya Akan Wisata Alam, 10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Lampung

Rich in Natural Tourism, 10 Recommended Travel Destinations in Lampung

Foto paling selatan pulau Sumatra

paling selatan dari pulau Sumatra

Terletak di paling selatan pulau Sumatera, rupanya Lampung juga memiliki potensi wisata yang luar biasa menarik lho. Hampir semua wisata alam ada di sana, yaitu pantai, gunung, dan air terjun.

Penasaran dengan destinasi-destinasi kece yang ada di Lampung? Yuk simak ulasan berikut!

1. Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran

Terkenal dengan keindahan alamnya, tentu Lampung punya destinasi pantai yang wajib kamu kunjungi. Pantai Dewi Mandapa terletak di Gebang, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung ini memiliki hamparan pasir putih beserta ombak yang bakal bikin kamu betah untuk berlama-lama di sana.

Selain itu, di sana juga terdapat beberapa spot lain yang bisa kamu kunjungi. Contohnya Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Di sana kamu akan menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti lain untuk berswafoto lho. Namun, kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk masuk ke sana, yaitu sekitar Rp 20 ribu per lokasi. Sedangkan untuk biaya masuk pantainya sendiri kamu harus membayar sebesar Rp 10 ribu per orang.

2. Bendungan Margotirto, Gisting

Termasuk dalam bangunan sisa pemerintahan kolonial Belanda yang dibangun sekitar tahun 1930-an, Bendungan Margo Tirto sempat viral di media sosial karena foto permukaan air yang menampakkan tanaman air di dalamnya.

Bendungan Margotirto, yang kini berganti nama menjadi Kamoung Air Margotirto berlokasi di Campang, Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Tempat wisata ini dilengkapi dengan kolam panjang berukuran 80×30 meter dang terdapat juga sepeda bebek kayuh. Untuk biaya masuknya kamu cukup membayar Rp 3.000 per orang.

3. Danau Suoh, Lampung

Jika kamu berniat untuk berkunjung ke Lampung Barat, jangan lupa untuk datang ke Danau Suoh. Sebab Lampung Barat terkenal dengan wisata danau dan wisata geothermalnya yang menarik untuk dikunjungi.

Danau Suoh berlokasi di Dusun Kalibata, Desa Suka marga, Kecamatan Suoh, Lampung. Pada kawasan danau ini terdiri atas empat danau, yaitu Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Keempat danau tersebut pun juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda juga lho. Misalnya Danau Asam, sesuai dengan namanya air danau tersebut memiliki kadar pH rendah dan rasanya asam.

Pada sekitar Danau Belibis juga terdapat padang ilalang yang tumbuh liar dan merupakan salah satu titik favorit untuk berfoto. Kamu tak perlu membayar tiket masuk untuk berkunjung ke sini lho.

4. Muncak Teropong Laut

Buat kamu yang ingin menikmati keindahan Teluk Lampung, bisa berkunjung ke Muncak Teropong Laut. Wisata ini berlokasi di Desa Muncak, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran, Lampung. Dari atas ketinggian di sana kamu bisa menikmati birunya laut dan sejumlah pulau kecil di sana. Sehingga lokasi ini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto lho.

Tak hanya itu, di sana juga terdapat sejumlah gardu berbentuk unik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto juga lho. Sepintas, tempat ini terlihat seperti versi mininya The Lodge Maribaya, Bandung. Untuk masuk ke Muncak Teropong Laut, kamu perlu membayar sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

5. Kebun Karet Trikora

Berlokasi di Desa Rejomulyo, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan, Perkebunan Karet Trikora ini katanya mirip dengan pemandangan di Korea Selatan. Pohon karet yang berada di sisi kanan dan kiri jalan ini saling bertautan, sehingga membentuk terowongan alami yang keren dan instgramable banget lho.

Termasuk di bawah kepemilikan PT Perkebunann Nusantara VII (PTPN 7), saat berkunjung ke sana kamu bisa berwisata sekaligus belajar hal baru lho. Sebab kamu bisa melihat proses penyadapan karet dan pembekuannya juga.

Lokasi wisata ini memang sering menjadi tujuan anak-anak muda lampung untuk hunting foto, mulai dari untuk mengisi feed instagram hingga untuk kebutuhan pre wedding juga lho. Bahkan kamu tidak perlu membayar tiket masuk apapun untuk berkunjung ke sana. Menarik bukan?

6. Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus

Tempat wisata yang mulai hits pada akhir 2016 lalu, Mata Air Way Sumpuk ini merupakan salah satu spot foto underwater yang murah lho. Meskipun memiliki harga yang murah dan tempatnya tidak luas, namun airnya sangat jernih jadi hasil fotonya di jamin oke. Kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya masuk juga jika ingin berkunjung ke sana lho.

7. Bukit Kumbang, Bakauheni

Berlokasi di Bukit Kumbang, Desa Sumur, Bakauheni, saat berkunjung ke Puncak Bukit Kumbang ini kamu akan menemukan sebuah kuil milik sepasang suami istri etnis Tionghoa yang berasala dari Cilegon, Banten. Meskipun dikelola secara pribadi, namun keindahannya kuil tersebut mengundang banyak orang unutk berkunjung ke sana.

Untuk sampai ke sana, kamu perlu usaha yang cukup besar dengan medan yang cukup curam. Sebab lokasi ini berada di puncak bukit. Namun tak perlu khawatir kecewa, sesampainya di puncak kamu akan menemukan pemandangan biru laut yang sangat menakjubkan. Kamu pun juga tak perlu membayar tiket masuk untuk berkunjung ke sana.

8. Puncak Mas

Mirip dengan The Lodge Maribaya yang berada di Lembang, Bandung, kamu bisa berswafoto saat berkunjung ke Puncak Mas. Wisata ini berlokasi di Jalan H. Hamim RJP, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar, Bandar Lampung.

Ciri khas dari tempat wisata ini adalah banyaknya rumah pohon dengan beraneka macam ukuran, mulai dari yang kecil hingga rumah pohon dua tingkat. Di sana juga terdapat pula musholal yang terletak di atas pohon juga lho! Selain itu, buat kamu yang ingin memacu adrenalin bisa juga mencoba wahana sepeda gantung yang tersedia di sana.

Wisata Puncak Mas ini termasuk lokasi wisata baru yang di buka tahun 2017 lalu, namun fasilitasnya sudah cukup lengkap. Untuk tiket masuk lokasi wisata kamu cukup membayar Rp 10rb saja.

9. Goa Pantai Minang Rua, Bakauheni

Goa Pantai Minang Rua, Bakauheni ini terletak di Kelawi, Bakauheni, Lampung Selatan. Kawasan Lampung Selatan memang sudah terkenal menjadi gudangnya wisata pantai yang indah. Selain memiliki daya tarik garis pantainya, di sini juga terdapat bukit batu dan juga gua yang semakin menambah wibawa pantai ini. Buat kamu yang ingin berkunjung ke sini, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu untuk motor dan Rp 20 ribu untuk mobil.

10. Pulau Tegal Mas

Merupakan salah satu pulau yang dikembangkan sebagai destinasi wisata andalan baru di Lampung, keindahan Pulau Tegal Mas tak kalah menarik dengan pulau dan pantai eksotis di pulau Bali lho. Di sana juga terdapat pasir putih, birunya laut, serta cottage dan vila yang bergaya tropical juga.

Kamu pun juga bisa melakukan berbagai kegiatan air di sana, seperti snorkeling hingga bermain kano lho. Seru untuk di kunjungi bukan? Kamu yang berniat berkunjung ke sana, biaya tiket masuknya sebesar Rp 25 ribu per orang. Sudah mau masuk liburan, dari 10 destinasi wisata tersebut kamu sudah tentukan mau berkunjung ke mana? Jangan lupa untuk mengabadikannya lewat foto ya. Happy holidays!

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Perjalanan: https://www.indonesianupdates.com/category/travel/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *