Kaya Sifat Anti-Inflamasi, Berikut 4 Manfaat Minum Air Rebusan Kunyit

Rich in Anti-Inflammatory Properties, Here are 4 Benefits of Drinking Water

Foto Manfaat Air Minum Rebusan Turki

Manfaat Air Minum Sup kunyit

Sebagian masakan Indonesia, menggunakan kunyit sebagai bumbu untuk menambah rasa. Disamping sebagai bumbu dapur, kunyit juga biasa digunakan sebagai obat rumahan. Oleh karenannya, kunyit dipercaya sebagai salah satu tanaman herbal yang bisa membantu mengatasi masalah kesehatan.

Kandungan senyawa yang ada pada kunyit disebut curcumin yang secara alami kaya akan sifat anti-inflamasi. Kandungan ini dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit.

Cara mudah untuk mendapatkan manfaat dari kunyit adalah salah satunya dengan cara merebusnya dengan air atau menjadikannya minuman.

Pertama-tama rebus 3-4 gelas air. Lalu, tambahkan beberapa irisan kunyit dan biarkan mendidih selama beberapa saat. Setelah dirasa cukup, saring kunyit dan bisa juga tambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa.

Apabila Anda memiliki riwayat penyakit kronis, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum rebusan kunyit. Hentikan penggunaannya jika Anda menghadapi masalah. Selain itu, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman ini.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari NDTV, Jumat (15/11), berikut diantara manfaat kesehatan rebusan kunyit

1. Dipenuhi dengan sifat anti-inflamasi

Seperti disebutkan sebelumnya, kunyit kaya akan sifat anti-inflamasi. Dengan menonsumsi rebusan kunyit, bisa memberikan manfaat dalam menghilangkan peradangan, pembengkakan, dan gejala artritis lainnya. Curcumin berperan kuat dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Datangnya penyakit bisa disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah. Oleh karena itu, rebusan air kunyit ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk membantu melawan penyakit dan infeksi secara alami, termasuk mengurangi risiko penyakit pilek atau batuk.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung juga bisa terjaga dengan baik melaluiair rebusan kunyit ini. Pasalnya, anti-oksidan dalam rebusan kunyit bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kunyit juga akan membantu mengelola kolesterol.

4. Membantu Mengelola Diabetes

Orang yang mengalami diabetes dapat mengonsumsi air kunyit untuk mengelola kadar gula darah dalam tubuhnya. Untuk mendapat dosis yang tepat dakam mengonsumsi air kunyit, penderita diabetes sebaiknya perlu mendapat rekomendasi dari dokter.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Kesehatan: https://www.indonesianupdates.com/category/health/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *