Klaim Rugi Rp 42,3 Miliar, 243 Korban Banjir Jakarta Gugat Gubernur Anies Baswedan

Loss Claim Rp 42.3 Billion, 243 Jakarta Flood Victims Sues Governor Anies Baswedan

Foto Korban Banjir Jakarta Menuntut Gubernur Anies Baswedan

Korban Banjir Jakarta Menuntut Gubernur Anies Baswedan

Meski banjir yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia sudah mereda, tapi hal ini masih menyisakan masalah dan berbuntut pada jalur hukum. Perwakilan kelompok masyarakat korbanbanjir Jakarta2020 melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan ini ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Nomor gugatan itu telah teregister dengan nomor 27/Pdt.GS/Class Action/2020/PN.Jkt.Pst.

Menurut pernyataan tim advokasi banjir Azas Tigor Nainggolan, bahwa dalam musibahbanjir Jakartayang terjadi pada Rabu 1 Januari 2020 itu, ada indikasi Gubernur Anies melanggar hukum. Pelanggaran ini merujuk pada tidak adanya peringatan dini kepada warganya akan datang banjir.

Oleh karena tidak adanya peringatan dini tersebut membuat warga jadi kelimpungan dalam mengevakuasi segala harta bendanya. Jadi, Azas menilai bahwa hal tersebut merupakan kewajiban Gubernur dalam melindungi warganya.

“Gugatan kami ini ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pertanyaannya, apa sih dasar gugatannya, dasar gugatannya, Gubernur DKI Jakarta lalai dalam menjalankan kewajiban hukumnya. Kewajiban hukumnya harus melindungi warga Jakarta atauorang yang ada di Jakarta ketika itu supaya tidak berdampak buruk sekali dari banjir yang terjadi,” kata Azas setelah mendaftarkan gugatan, Senin (13/1/2020).

Azas menjelaskan bahwa jumlah warga yang ikut serta dalam class action atau gugatanbanjir Jakartaberkelompok yang terverifikasi mencapai 243 warga Jakarta.

Para warga yang turut serta dalam gugatan mewakili lima wilayah Jakarta.Dia menambahkan, akibat dari banjir tersebut warga menanggung kerugian yang diperkirakan sebesar Rp42,3 miliar.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *