Kopi Kenangan Dapat Kucuran Dana, Jay-Z hingga Serena Williams Ikut Berinvestasi

Coffee Memories Can Be Funded, Jay-Z to Serena Williams Come Invest

Foto penikmat Kopi di sejumlah kota di Indonesia

Penikmat kopi di sejumlah kota di Indonesia

Penikmat kopi di sejumlah kota di Indonesia tentunya sudah cukup familiar dengan Kopi Kenangan. Dik-abarkan kalau Kopi Kenanganmendapat suntikan modaldari beberapa investor ternama. Setelah sebelumnya sempat mendapat pendanaan Series A bulan Juni lalu, kini kedai kopi itu mendapat tambahan modal lagi.

Lalu siapa saja investor ternama tersebut? Diantaranya Arrive, salah satu perusahaan di bawahRoc Nationmilikrapper Jay-Z, Serena Ventures milik atlet tenis ter-namaSerena Williams, pebasket ternama Caris LeVert, serta CEO dan Pendiri Sweetgreen Jonathan Neman.

Ada lagi Sequoia India, yang kembali berpartisipai dalam penggalangan dana kali ini. Sebelumnya perusa-han ini memimpin pendanaan Series A senilai US$ 20 juta (Rp 280 miliar) pada Juni lalu.

“Kami terinspirasi oleh keuletan, visi dan kemampuan Kopi Kenangan dalam menjalankan bisnis,” begitu keterangan tertulis dari salah satu Pendiri dan Presiden Arrive Neil Sirni, Senin (23/12/2019).

Ia mengaku bangga bisa menjadi investor dan mitra Kopi Kenangan karena begitu sukse membawa kedai kopi itu tersebar luas di 18 kota dengan 200 gerai dan 1.800 pegawai daam dua tahun. Selain itu menjadikan misi dalam memperkenalkan kopi khas Indonesia ke dunia.

Kopi Kenangan didirikan pada 2017 oleh tiga orang, yakni Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunnisa. Kehadiran merek ini berhasil mengisi kesenjangan antara kopi mahal yang disajikan peritel kopi internasional, yang tak terjangkau sebagian masyarakat Indonesia, dan kopi instan yang dijual oleh kedai-kedai di pinggir jalan.

Padahal tahun lalu, Kopi Kenangan hanya mengelola 16 toko dan menyajikan beberapa ribu gelas kopi per hari. Tapi sekarang perkembangannya begitu melejit, di manaKopi Kenangan telah memiliki lebih dari 200 gerai secara nasional dan menyajikan lebih dari tiga juta gelas kopi per bulan. Ini menunjukkan banyak masyarakat yang menggemari mulai orang tua, dewasa,termasuk milenial.

Kopi Kenangan telah mencatatkan keuntungan dan menorehkan pertumbuhan pendapatan sebanyak 20 kalilipat sejak menerima pendanaan seed round yang dipimpin Alpha JWC tahun lalu.

Perusahaan bercita-cita untuk bisa menambah lebih dariseribu gerai kopi dalam dua tahun ke depan dan memperluas tak hanya secara nasional tapi bisa berekspansi ke Asia Tenggara.

“Kami ingin membangun brand yang legendaris dan kami sangat senang dapat bekerja bersama para investor dan penasihat baru kami yang telah sukses membangun waralaba konsumen global di bidang olahraga, hiburan, makanan dan minuman, serta teknologi,” ujar CEO dan Pendiri Kopi Kenangan Edward Tirtanata.Berdasarkan data dari Nielsen Company, bahwa Kopi Ke-nangan merupakan merek dengan top-of-mind aware-ness nomor satu untuk kategori Kopi Susu.
Selain itu menjadi merek nomor dua setelah jaringan kopi interna-tional untuk kategori kopi umum.

Adapun, minuman “Es Kopi Kenangan Mantan” adalah menu yang paling laku terjual dan merupakan favorit pelanggan. Hal ini juga yang serta merta mengangkat perusahaan menjadi merek teratas untuk kategori Kopi Susu

“Dengan penuh kerendahan hati, kami sangat senang dapat mencapai tonggak sejarah penting dalam proses perjalanan kami selama dua tahun ini,” ucap salah satu Pendiri dan Chief Marketing Officer Kopi Kenangan Cyn-thia Chareunnisa.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bisnis: https://www.indonesianupdates.com/category/business/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *