Kunjungan ke UEA, Jokowi Teken Investasi Rp 314,9 T

A visit to the UAE, Jokowi signed an investment of Rp 314.9 trillion

Foto jokowi menandatangani investasi sebesar Rp 314,9 triliun

Hubungan kerjasama ada antara Indonesia dan Uni Emirat Arab

Hubungan kerjasama terjalin antara Indonesia danUni Emirat Arab(UEA). Kedua negara ini menyepakati puluhan kerjasama strategis dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral. Diketahui, setidaknyaada 16 perjanjian kerjasama yang ditandatangani.

PresidenJoko Widodo(Jokowi) berkunjung ke UEA melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA Mohamed bin Zayed di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan. Jokowi berangkat dari Pangkalan TNU AU Halim Perdana Kusuma Jakarta, Ahad (12/1/2020).

Dia menilai Persatuan Emirat Arab (PEA) sangat penting dalam kerja sama ekonomi dengan Indonesia.

“PEA [Persatuan Emirat Arab] akan tetap menjadi salah satu mitra penting kerja sama ekonomi Indonesia, terutama di bidang investasi,” ucap Jokowi, seperti yangdikutip dari keterangan resmi Sekretariat Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Lima dari total 16 perjanjian tersebut, Indonesia dan UEA menyepakati perjanjian antara pemerintah di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme. Sedangkan 11 perjanjian lainnya yang diteken kedua negara, yakni perjanjian bisnis.

Bisnis apa saja yang diteken? Perjanjian tersebut antara lain di bidang energi, minyak dan gas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset. Estimasi total nilaiinvestasi mencapai senilai US$ 22,89 miliar atau setara Rp 314,9 triliun.

Mohamed bin Zayed menyambut baik dan menyebut kerjasama ini bisa mempererat hubungan antar kedua negara.

“Kita dapat memulai era baru hubungan kedua negara yang lebih erat,” ujar Mohamed bin Zayed.

“Saya sangat sambut baik hari ini ada 16 perjanjian kerja sama yang dapat dilakukan,” ucap Jokowi.

Selain itu, hal lain yang Jokowi turut menyambut baik adalah pembahasan intensif dengan UEA dalam pembentukan Indonesia Sovereign Wealth Fund (SWF), yakni sebuah alat finansial yang memiliki atau mengaturdana publik dan menginvestasikannya ke aset yang luas

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/international/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *