Ledakan di Monas Hari Ini, Berikut Faktanya

The Explosion at Monas Today, Here Are the Facts

Foto DKI Jakarta dikejutkan karena dikejutkan oleh ledakan yang terjadi di Monas pagi ini

DKI Jakarta kaget karena kaget dengan ledakan yang terjadi di Monas pagi ini, Selasa

DKI Jakarta geger karena dikejutkan dengan sebuah ledakan yang terjadi di Monas pada pagi hari ini, Selasa (3/12/2019). Ledakan tersebut menyebabkan dua korban mengalami luka-luka.

Sebagai bentuk pengamanan usai terjadi ledakan di Monas, Jalan Medan Merdeka Utara arah Istana ditutup. Di media sosial pun ledakan di Monas menjadi trending.

Lantas apa saja fakta-fakta terkait ledakan di Monas itu, berikut rangkumannya:

1. Penyebab

Berdasarkan keterangan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy, bahwa ledakan di Monas terjadi disebabkan oleh granat asap yang meledak. Informasi ini berdasarkan hasil temuan tim di lapangan.

2. Dua prajurit TNI Jadi Korban

Dua korban akibat ledakan di Monas merupakan prajurit TNI yang tengah berolahraga. Keduanya mengalami luka-luka. Saat ini, korban bernama Serka Fajar dan Praka Gunawan tengah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

3. Bukan Hal Luar Biasa

Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy, bahwa  insiden ledakan di Monas tidak perlu dibesar-besarkan. Pasalnya, saat ini polisi juga sedang menyelidiki dari mana granat asap itu berasal.

“Ini hanya granat asap. Nggak perlu dibesarkan,” ujar Gatot.

4. Wisata Monas Ditutup

Ledakan granat asap yang terjadi di Monas membuat kawasan wisata itu dilakukan penutupan sementara. Pengumuman ini disampaikan oleh Plt Kadisparbud DKI Jakarta Alberto Ali bahwa penutupan sementara akan diberlakukan sampai ada arahan lebih lanjut.

5. Kondisi Pengawasan di Kawasan Istana

Diketahui, lokasi ledakan granat asap di Monas dekat dengan kawasan Istana. Menurut pernyataan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) Mayjen Maruli Simanjuntak, bahwa pengaman Presiden Joko Widodo akan berlangsung seperti biasa. Hal ini dikarenakan, saat ini ia menilai pengaman sudah berdasarkan standar.

“Nggak lah (penambahan Paspamres). Itu sudah cukup kuat untuk accident itu, kita sudah antisipasi. Sudah cukup kuat,” kata Maruli.

6. Kronologi

Insiden ledakan granat asap di Monas terjadi pada hari ini, Selasa 3 Desember 2019, pukul 07.15 WIB. Ledakan diduga terjadi di bagian sisi utara Monas dan menyebabkan dua anggota TNI ikut menjadi korban dengan mengalami luka-luka.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://indonesianupdates.com/category/nation/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *