Lewat Beberapa Petinggi Negara, Saudi Kirim Pesan ke Presiden Iran

Through Some State Officials, Saudi Send Message to the President of Iran

Foto Presiden Iran Hassan Rouhani

Sebuah pesan diterima oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani, yang dikirim oleh Arab Saudi melalui beberapa pemimpin dunia tingkat tinggi.

Sebuah pesan diterima Presiden Iran, Hassan Rouhani yang dikirim oleh Arab Saudi melalui beberapa petinggi negara dunia. Pesan itu dikirim di tengah meningkatnya ketegangan antara Arab Saudi dan Iran setelah adanya serangan terhadap kilang Minyak Aramco.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara kepresidenan Iran, Ali Rabiei, kepada kantor berita ILNA.

Rabiei menyatakan apabila Arab Saudi benar-benar ingin berubah sikap, maka Iran akan menyambut baik. Mengenai apa saja isi dari pesan itu, Rabiei tak merincikannya lebih lanjut. Diketahui konfirmasi ini datang tak lama setelah Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman (MbS), mengeluarkan peringatan bahwa harga minyak bisa melambung jika dunia tak bekerja sama melawan Iran.
Meski demikian, hal yang ditekankan oleh MbS adalah dalam melawan Iran, negara-negara di dunia harus melawannya dengan politik, bukan dari ranah militer atau kekerasan.

Kesiapan diperlihatkan oleh Kementerian Luar Negeri Iran yang melalui juru bicara Kemlu Iran, Abbas Mousavi mengatakan pemerintahnya siap membuka perbincangan dengan rival mereka di kawasan, terutama Uni Emirat Arab (UEA) demi menghapus kesalahpahaman.

Seperti diberitakan sebelumnya, ketegangan antara Iran dan Saudi meningkat sebagai musuh bebuyutan di kawasan setelah adanya serangan drone ke kilang minyak Saudi Aramco beberapa pekan lalu, dan Teheran dituding sebagai dalangnya.
Di lain pihak, kelompok pemberontak di Yaman, Houthi mengklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan yang memangkas 5 persen produksi minyak dunia tersebut. Namun, klaim mumcul dari Amerika Serikat yang menyebut pihaknya memiliki bukti bahwa serangan itu tak dilakukan dari Yaman, melainkan Iran.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/international/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *