Lima Capim KPK Periode 2019-2023 Disetujui dalam Rapat Paripurna DPR RI

Five KPK Capim Period 2019-2023 Approved in the DPR RI Plenary Meeting

plenary meeting

Lima Calon Pimpinan KPK periode 2019-2023 disetujui setelah diputuskan lewat Rapat Paripurna DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Senin (16/9) siang. Sebelumnya, para calon pimpinan (capim) itu dilakukan uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI.
Dalam rapat paripurna tersebut, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menanyakan kepada para peserta rapat apabila laporan Ketua Komisi III DPR tentang calon pimpinan KPK dapat disetujui?.

Lalu, pertanyaan Fahri Hamzah itu dijawab oleh seluruh anggota DPR RI yang hadir dalam rapat paripurna tersebut dengan menyatakan setuju.
Menurut penjelasan Ketua Komisi III DPR RI, Aziz Syamsuddin bahwa Komisi III DPR RI melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 Capim KPK yang dilakukan selama dua hari, yakni Rabu hingga Kamis (11-12 September).

Menurut Aziz, setelah dilakukannya uji kelayakan para capim, Komisi III DPR memutuskan untuk memilih sebanyak lima orang capim KPK dengan perolehan suara masing-masing, yaitu Nawawi Pamolango (50 suara), Lili Pintauli Siregar (44 suara), Nurul Ghufron (51 suara), Alexander Marwata (53 suara) dan Firli Bahuri (56 suara).
Pihaknya menilai dari pandangan dan analisa Komisi III DPR bahwa Capim KPK diperlukan orang yang kredibel dan berintegritas dalam menjalankan tugasnya yang bisa melakukan pencegahan dan pemberatasan terhadap korupsi.

Sementara, Anggota Fraksi PPP DPR RI, Arsul Sani dalam rapat paripurna tersebut meminta kepada lima Capim KPK terpilih agar bisa bersikap bijak dalam menyikapi dinamika yang terjadi di masyarakat.
Seperti diketahui, banyak pihak yang resisten dengan kelima capim yang dipilih tersebut.

Selain itu, Arsul juga meminta kelima orang tersebut konsisten dalam menjalankan amanatnya sebagai pimpinan KPK, serta tak diperbolehkan mengembalikan mandat kepada Presiden di tengah masa jabatan mereka di KPK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *