Thu. Aug 22nd, 2019

LinkAja Syariah Diharapkan Tingkatkan Penghimpunan Dana Simpanan Nasabah

LinkAja Syariah is Expected to Increase Customer Deposit Funds

Financial syariah

Dengan diluncurkannya aplikasi LinkAja Syariah oleh bank-bank milik pemerintah, Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) berharap penghimpunan dana simpanan nasabah di bank-bank syariah dapat meningkat.

Direktur Bidang Inovasi Produk, Pendalaman Pasar, dan Pengembangan Infrastruktur Sistem Keuangan Syariah KNKS Ronald Rulindo mengatakan bahwa aplikasi sistem pembayaran berbasis quick response (QR) code LinkAja Syariah dapat membantu penghimpunan dana nasabah, terutama tabungan yang termasuk dalam kategori dana murah perbankan. 

Hari ini (14/5/2019), nota kesepahaman terkait dengan komitmen peluncuran LinkAja Syariah ditandatangani oleh bank-bank yang tergabung didalamnya, yaitu Bank Syariah milik BUMN (PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BNI Syariah, PT Bank BRI Syariah Tbk., dan Unit Usaha Syariah PT Bank Tabungan Negara Tbk.).

LinkAja Syariah diluncurkan untuk menyasar layanan transaksi dana sosial keagamaan, seperti infak, zakat, dan wakaf dengan masjid-masjid dan lembaga zakat di seluruh Indonesia. 

Ronald menerangkan platform pembayaran digital terbukti cukup kuat meningkatkan dana murah. Untuk diketahui, beberapa platform digital seperti Go-pay dan Ovo mendapat cukup banyak manfaat dengan menumpuknya dana masyarakat di platform mereka. 

Hal yang sama juga akan diaplikasikan pada bank syariah. Namun akan ada penyesuaian dengan hukum syariah tentunya mengenai penghimpunan dana murah, yang berkaitan erat dengan akad. Meski begitu, Ronald menyebut peluncuran LinkAja Syariah tidak akan serta merta memberikan dampak yang signifkan pada porsi dana syariah. 

Porsi tabungan dan giro di perbankan syariah pada 2018 mencapai 42% dari laoran data Statistik Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Belum ada perubahan banyak yang terjadi sepanjang dua bulan pertama 2019.

Proses pembuatan LinkAja Syariah ini sudah melewati beberapa proses. Pengujian awal sudah dilakukan dan disaksikan oleh pihak bank terkait dan PT Fintek Karya Nusantara selaku pemilik produk aplikasi pembayaran LinkAja. Platform LinkAja Syariah ini diharapkan dapat diluncurkan tahun ini.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *