Luncurkan Jaringan Wifi Dalam Pesawat, Batik Air Tingkatkan Inovasi Hiburan

Launching In-Flight Wifi Networks, Batik Air Increases Entertainment Innovation

Foto Batik Air Meningkatkan Inovasi Hiburan

Batik Air Meningkatkan Inovasi Hiburan

Batik Air resmi luncurkan fasilitas terbarunya, yakni Wireless Fidelity (WiFi) Entertainment On-board atau sistem hiburan di pesawat yang diakses melalui wireless. Kesuksesan pemasangan wifi ini telah di buktikan pada tiga pesawat Airbus 320-200CEO beregistrasi PK-LAZ, PK-LUH, dan PK-LUI.

Selaku Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Achmad Luthfie mengatakan bahwa ketersediaan wifi entertainment tersebut adalah bagian inovasi perusahaan dalam melengkapi layanan hiburan seperti majalah dan koran yang sudah tersedia di dalam kantong kursi, kelas bisnis, dan kelas ekonomi.

Dirinya juga menambahkan, proses pemasangan wifi tersebut telah mendapatkan sertifikasi dari regulator dan mengikuti aturan pengoperasian pesawat udara. Sehingga, perangkat yang sudah terpasang pada armada Batik Air, sudah menjalani pemeriksaan dan persetujuan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

Selain itu, kehadiran wifi di pesawat Batik Air merupakan bagian dari komitmen dari Batik Air dalam menambah layanan premium service airlines kepada para penumpang berupa media hiburan. Layanan ini merupakan langkah untuk mengakomodir dari audio video visual on demand (avod) yang belum tersedia dalam pesawat Batik Air.

Beberapa konten layanan dari wifi entertaiment yang dapat dinikmati setiap penumpang, antara lain video (movie and TV shows), musik video, permainan, program anak, gaya hidup, Instagram, percakapan tertulis antarpersonal dalam pesawat (on-board chat), berita, dan majalah elektronik. Disamping itu, Luthfie mengungkapkan bahwa fitur wifi entertaiment menjamin privasi dan keamanan, karena jaringan AirFi tidak mengizinkan penumpang atau pihak lain mengakses data pribadi.

Setiap penumpang yang ingin mengakses wifi on-board harus mengikuti beberapa langkah. Langkah pertama, mengubah aturan (setting) ponsel ke mode pesawat atau airplane mode. Langkah selanjutnya adalah mengubah wifi connection pada ponsel dan pilih Batik Entertainment. Setelah wifi tersambung, penumpang dapat menikmati wifi entertaiment Batik Air.

Luthfie mengatakan pemasangan wifi adalah upaya Batik Air dalam memanjakan kebutuhan para penumpang terhadap koneksi internet di udara.

Rute Batik Air yang mendapat fasilitas wifi entertaiment, yakni Soekarno-Hatta – Makassar pp, Makassar – Sorong pp, Makassar – Surabaya pp, Makassar – Kendari pp, Kendari – Soekarno-Hatta, Soekarno-Hatta – Gorontalo pp, Soekarno-Hatta – Ternate pp,  Soekarno-Hatta – Palembang, dan Makassar – Palu pp. Untuk partnership penyediaan wifi on-board bersama PT Dua Surya Dinamika (AirFi Indonesia). sedangkan pemasangan perangkatnya dilakukan oleh Batam Aero Technic (BAT) sebagai pusat perawatan dan perbaikan pesawat member of Lion Air Group.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bisnis: https://www.indonesianupdates.com/category/business/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *