Mahasiswa Gadungan Ditangkap dalam Demo di DPR, Polri Sebut Pola Sama Dengan Aksi 21-22 Mei

Gadungan Students Arrested in Demo at DPR, National Police Call Pattern Same as Action May 21-22

Foto demonstrasi di sekitar Gedung DPR / MPR

Dalam demonstrasi yang berlangsung di sekitar Gedung DPR / MPR ke depan Mabes Polres Metro Jaya, Senin (30/9/2019) kemarin

Dalam unjuk rasa yang berlangsung di sekitar Gedung DPR/MPR hingga depan Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya pada Senin (30/9/2019) kemarin, Kepolisian menemukan adanya mahasiswa gadungan yang terlibat.

Menurut keterangan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo bahwa para mahasiswa gadungan tersebut menjalankan peran sama seperti yang terjadi pada aksi sebelumnya. Berdasarkan pengakuan dari sejumlah mahasiswa gadungan yang ditangkap oleh Polda Metro Jaya, mereka mengaku diajak oleh seorang yang menjanjikan memberikan uang sebesar Rp40 ribu.

Bertempat di kantornya, Selasa (01/10), Dedi menuturkan penangkapan itu terbukti dari beberapa orang yang menyusup menggunakan pakaian seragam STM yang ditangkap Polda Metro Jaya.

Menurutnya, mereka telah merancang aksi tersebut, diantaraya lima orang yang ditangkap menyiapkan molotov. Dedi pun menegaskan pola aksi yang dilakukan para pelaku itu sama dengan aksi pada 21-22 Mei lalu.

Jadi, Dedi menilai unjuk rasa yang terjadi itu bukan murni mahasiswa dan pelajar tetapi perusuh yang melakukan penyerangan terhadap apparat, serta melakukan pembakaran pada fasilitas publik. Saat ini, mahasiswa gadungan itu sedang menjalani pemeriksaan yang dilakukan penyidik Polda Metro Jaya.

Seperti diberitakan sebelumnya, unjuk rasa yang digelar dalam mengkritisi RUU yang dianggap bermasalah, berakhir ricuh. Bentrokan terjadi di area Gedung DPR-MPR pada 30 September 2019. Kerusuhan terjadi sejak malam hari sampai 1 Oktober 2019 dini hari.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Bangsa: https://www.indonesianupdates.com/category/nation/
Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *