Mampu Atasi Gejala Diabetes, 8 Tanaman Herbal Yang Bisa Jadi Pilihan

Able to Overcome Diabetes Symptoms, 8 Herbal Plants That Can Be Options

Foto Tanaman Herbal untuk Mengatasi Gejala Diabetes

 Tanaman Herbal untuk Mengatasi Gejala Diabetes

Penyakit diabetes biasanya muncul tanpa adanya tanda. Kebanyakan orang baru mengetahui saat diabetes sudah mengembangkan gejala atau bahkan menimbulkan komplikasi berbahaya.

Komplikasi diabetes yang sering muncul adalah penyakit ginjal. Dikutip dari Mayo Clinic, sekitar 25% penderita diabetes biasanya juga menderita penyakit ginjal.

Selain komplikasi penyakit ginjal, komplikasi lain dari diabetes adalah penyakit jantung. Orang-orang dewasa dengan diabetes memiliki 2-4 kali kemungkinan untuk alami kematian dini akibat dari serangan jantung daripada mereka yang tidak mengalami masalah gula.

Pilihan yang terbaik untuk mengurangi gejala dan menghindari komplikasi diabetes adalah dengan melakukan gaya hidup sehat. Memilih asupan makanan yang tepat merupakan salah satu caranya.

Meski mengkonsumsi tanaman herbal tidak bisa menyembuhkan diabetes, kamu bisa menggabungkannya dengan pengobatan. Biasanya tanaman herbal dapat membantu meringankan gejala dan mengurangi komplikasinya.

Mengutip dari Medical News Today, berikut adalah tanaman herbal yang terbukti ampuh mengatur kadar gula darah.

1. Lidah buaya

Selain bermanfaat untuk kecantikan, rupanya lidah buaya memiliki manfaat untuk meringankan diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian yang dipublikasi pada tahun 2013, menunjukkan bahwa lidah buaya mampu untuk mengobati gejala diabetes pada tikus. Dari hasilnya menunjukkan bahwa lidah buaya mampu melindungi serta memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.

2. Kayu manis

Termasuk dalam bahan dengan aroma yang manis, kayu manis rupanya ramah untuk penderita diabetes. Berdasarkan penelitian pada tahun 2013, kayu manis dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

Jika ingin mengkonsumsi kayu manis dan obat-obatan tertentu, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, perpaduan tersebut bisa saja berdampak buruk bagi ginjal.

3. Pare

Salah satu bahan pengobatan tradisional yang populer di Tiongkok, pare juga bisa mengatur kadar gula. Dilansir dari Healthline, pare memiliki sifat yang bertindak seperti insulin yang mampu membawa glukosa ke dalam sel darah.

4. Milk thristle

Merupakan tanaman sejenis bunga berwarnan ungu cerah, Milk thristle kaya akan antioksidan. Tanaman tersebut biasanya ditemukan dalam bentuk suplemen atau teh.

Biasanya Milk thristle ini disarankan untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Sebab, kandungan aktif silymarin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada tanaman ini.

5. Gymnema

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada tahun 2013 mencatat bahwa penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang mengkonsumsi gymnema menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsu ekstrak daun gymnema selama 18 bulan, maka kadar gula darahnya turun secara lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok orang yang hanya menerima insulin.

Tanaman yang sering disebut sebagai tanaman ‘penghancur’ gula ini, biasanya ditemukan dalam bentuk ekstrak.

6. Ginseng

Memilliki banyak khasiat, ginseng ternyata juga mampu membantu turunkan gula darah pada penderita diabetes. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus yang memiliki diabetes, ditemukan bahwa ekstrak buah ginseng dapat menormalkan kadar gula serta meningkatkan sensitivitas insulin.

7. Teh hijau

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga sangat baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Diperkaya oleh kebaikan antioksidan seperti katekin dan polifenol yang mampu mengurangi penyerapan karborhidrat, sehingga dapat meningkatkan resistensi insulin dalam tubuh.

8. Fenugreek

Termasuk jenis biji-bijian yang kaya akan serat dan bahan lainnya, Fenugreek mampu memperlambat pencernaan karbohidrat dan gula, sehingga tanaman ini dapat mencegah diabetes. Hal ini telah dibuktikan melalui percobaan yang dilakukan pada 25 orang penderita diabetes tipe 2

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Kesehatan: https://www.indonesianupdates.com/category/health/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *