Masih Menyesal, Bill Gates Ungkap Windows Mobile Mampu Tandingi Android

Still Regretful, Bill Gates Reveals Windows Mobile Able to Compete with Android

Foto pendiri Microsoft Bill Gates kembali menyatakan pendapatnya tentang OS mobile

Pendiri Microsoft, Bill Gates kembali menyatakan pendapatnya tentang OS mobile

Dalam acara DealBook Conference, founder Microsoft Bill Gates kembali mengungkapkan pendapatnya tentang OS mobile yang menjadi saingan mereka dulu, yakni Android. Dirinya percaya bahwa Windows Mobile mampu mengalahkan Android.

Namun saat itu Windows Mobile terjerat masalah anti-trust dari Departemen Hukum Amerika Serikat. Akibat masalah tersebut, Microsoft mengalami kerugian yang sangat besar.

Seperti diketahui, pada tahun 2001 lalu, Microsoft dianggap telah melanggar aturan mengenai monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat. Oleh sebab itu, perusahaan hanya memfokuskan pada persoalan hukum tersebut.

Dikutip dari The Verge, Via Tekno Liputan6.com, Bill Gates mengatakan bahwa anti-trust sangat buruk bagi Microsoft dan sebenarnya Microsoft dapat fokus menciptakan sistem operasi mobile. Alih-alih memakai Android, saat ini akan banyak pengguna memakai Windows Mobile.

Gates menambahkan sistem operasi mobile tersebut sebenarnya sudah mendekati penyelesaian. Namun akibat fokus yang terpecah karena kasus anti-trust, pengembangan sistem operasi mobile pun tidak berlanjut.

Selain itu dirinya juga mengungkapkan bahwa peluncuran sistem operasi mobile tersebut terlambat tiga bulan, sehingga tidak ada pengguna yang pernah mendengar mengenai Windows Mobile.

Sebelumnya, pernyataan tersebut juga pernah diungkapkan oleh Gates. Dirinya mengungkapkan bahwa salah satu kesalahan terbesarnya adalah membiarkan Google merilis Android.

Selain itu Gates menambahkan bahwa dalam dunia software, untuk platform tertentu menganut sistem winner-takes-all market. Hal tersebut memiliki arti perusahaan dengan performa baik dalam bisnis software, maka akan mampu menguasai pasar secara luas.

Gates pun mengungkapkan rasa penyesalannya, Microsoft tidak mampu berkembang seperti Android. Dirinya mengatakan hal tersebut bukannya tanpa alasan. Sebab, sudah sejak lama Microsoft termasuk perusahaan yang sangat unggul di bidang software, terutama dalam sistem operasinya.

Akan tetapi, pada saat itu Microsoft memang tidak fokus mengembangkan sistem ke perangkat mobile, terutama dalam perangkat dengan layar sentuh. Walaupun dirinya menyesal, Bill Gates menyebutkan bahwa saat ini Microsoft adalah perusahaan yang sangat kuat. Dirinya mengandaikan jika kesalahan tersebut tidak ada, saat ini Microsoft akan menjadi ‘perusahaan terkemuka’, tidak hanya menjadi ‘salah satu perusahaan terkemuka’.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang teknologi: https://www.indonesianupdates.com/category/tech/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *