Mon. Sep 23rd, 2019

Mau Kulit Sehat, Cek Manfaat Minyak Zaitun Berikut

Want Healthy Skin, Check The Benefits Of Olive Oil Here

Olive Oil

Minyak zaitun berasal dari buah zaitun. Buah ini merupakan makanan pokok bangsa Mediterania. Minyak ini memiliki banyak manfaat nutrisi ketika dikonsumsi, juga ketika dioleskan pada kulit dan rambut.
Dilansir Medical News Today, terdapat beberapa manfaat potensial yang dimiliki minyak zaitun.
Pertama, minyak zaitun yang mengandung antioksidan mencegah oksidasi yang menjadi penyebab tanda penuaan dini pada kulit.
Oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, di mana berpotensi merusak sel. Kemudian, pada akhirnya dapat berkontribusi pada perkembangan kanker. Ketika diterapkan pada kulit, antioksidan mempunyai kemampuan mencegah penuaan dini.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan minyak zaitun pada kulit setelah terkena paparan sinar matahari bisa melawan sel-sel penyebab kanker.
Kedua, minyak zaitun memiliki sejumlah kandungan vitamin yaitu vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Beberapa vitamin ini bisa bermanfaat bagi kulit. Misalnya, penggunaan vitamin E untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.
Ketiga, minyak zaitun memiliki efek antibakteri dan telah terbukti memiliki sifat antibakteri.
Namun, studi mengenai minyak zaitun bisa untuk mengendalikan baktei pada kulit masih sangat sedikit. Satu studi kecil mengetahui efek penggunaan minyak zaitun dan minyak kelapa terhadap bakteri Staphococcus aureus pada kulit.
Hasil menunjukkan bahwa kedua minyak memiliki sifat antibakteri. Tetapi, efektivitas minyak kelapa murni lebih besar dalam menghilangkan bakteri.
Meskipun demikian, minyak zaitun juga kadang-kadang dipergunakan dalam mengobati infeksi bakteri pada kulit. Minyak zaitun ini dapat meningkatkan penyembuhan pada orang yang mempunyai luka kaki karena disebabkan diabetes tipe dua.
Keempat, Minyak zaitun bisa menjadi pelembab alami. Penggunaan minyak zaitun sebagai pelembab, populernya sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut. Namun, penelitian akan keefektifannya masih belum banyak.

Share On

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *