Menantu Jokowi Maju Pilwalkot Medan

Jokowi’s son-in-law in Medan Pilwalkot

Foto putra sulung Presiden Joko Widodo

Setelah putra tertua Presiden Joko Widodo

Setelah putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, bakal maju dalam pemilihan calon wali kota (Pilwalkot) Solo, kini giliran sang menantu, Bobby Afif Nasution, yang masuk bursa pilkada.

Secara resmi Bobby mendaftar sebagai bakal calon wali kota (bacawali) Medan kemarin, Selasa (3/12). Serupa dengan Gibran, kendaraan partai politik (parpol) yang digunakan untuk mengusung suami Kahiyang Ayu (putri kedua Jokowi) itu mendaftar melalui PDIP.

Bobby menyambangi kantor DPD PDIP Sumut di Medan dengan mengenakan batik dan sepatu kets. Ia datang dengan didampingi pamannya, Erwan Nasution.

Menurut pengakuannya, Bobby mengatakan belum memiliki rencana untuk mendeklarasikan pencalonannya. Dia menyebut, dengan mendaftarkan diri ke partai politik, berarti dirinya serius maju dalam pilkada Medan. ’’Saya juga mohon bimbingan para senior,’’ sebut Bobby di hadapan pengurus PDIP Sumut.

Kedatangannya itu juga dengan dibarengi penyerahan berkas pendaftaran yang kemudian diterima oleh Sekretaris DPD PDIP Soetarto. Di situ juga ada tiga wakil ketua DPD PDIP Sumut, yaitu Sarma Hutajulu, Aswan Jaya, dan Dame Tobing.

Sementara, ketika dikonfirmasimMengenai calon wakil wali kota yang akan mendampinginya, Bobby belum memutuskan. ’’Untuk wakil, kita semua sepakat akan mengacu pada kriteria, bukan siapanya. Yang pas seperti apa, yang pas atau yang bisa mengatasi masalah di Kota Medan,’’ ujar Bobby.

Ia pun belum mau memberikan bocoran mengenai calon pendampingnya itu apakah berasal dari birokrat, politikus, atau akademisi.

’’Saya bukan birokrat. Ini baru pertama saya mendaftar calon wali kota. Jadi, calon wakil nanti harus bisa men-support saya untuk mengerti masalah Medan,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa mertuanya, Presiden Jokowi, tak pernah membatasi anak maupun menantunya untuk memilih jalan hidup. Selain itu, katanya, Jokowi juga tidak pernah memanfaatkan jabatannya untuk mengintervensi kepentingan keluarga.

Ketika ditanya apakah Bobby sudah mendapat restu Jokowi? Ia menjawab kalau Jokowi sangat memerdekakan anaknya. “Terserah mau ke bisnis, mau ke mana, mau birokrat, atau profesional,’’ jawabnya.

Sementara itu, menurut keterangan dari Sekretaris DPD PDIP Sumut Soetarto, bahwa seluruh bakal calon wajib mengikuti mekanisme internal partai. Adapun untuk agenda fit and proper test, pihaknya masih menunggu agenda dari DPP.

Baca lebih banyak artikel terkait tentang Politik: https://www.indonesianupdates.com/category/political/

Ikuti kami di Facebook dan tetap up to date dengan konten terbaru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *