Mengalami Mata Kering? Lakukan 5 Pencegahan Berikut

Having Dry Eyes? Perform the following 5 Prevention

dry eye1

Seseorang bisa mengalami mata kering di mana kondisi tersebut karena lapisan matanya mengalami ketidakseimbangan. Apabila mengalami kondisi mata kering, biasanya yang dirasakan orang itu adalah mata terasa mengganjal, gatal, dan lengket. Banyak faktir yang menyebabkan mata kering, salah satunya adalah gadget.

Terdapat tips dari Dokter Spesialis Mata Dry Eye Center dari Jakarta Eye Center, dr. Nina Asrini Noor, Sp.M., yang mana ia menyampaikan hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengobati mata kering. Mata kering sebaiknya langsung ditangani karena jika didiamkan terlalu lama bisa menyebabkan kondisi lebih parah dan kerusakan pada mata.

Berikut lima langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari mata kering. Hal yang perlu diperhatikan agar semuanya harus dilakukan secara seimbang.

1. Ubah Gaya Hidup

Gaya hidup yang keliru dan dilakukan secara terus-menerus bisa berdampak pada kesehatan mata. Oleh karena itu, diperlukan untuk melakukan modifikasi gaya hidup, diantaranya mengurangi paparan AC, membatasi kegiatan dengan atensi visual tinggi, seperti mengurangi durasi di depan monitor atau gawai, serta penggunaan lensa kontak sesuai instruksi dokter mata.

2. Kompres Mata

Mata perlu juga isttirahat setelah ‘dipaksa’ untuk menatap atau terpapar dar aktivitas gaya hidup yang keliru. Hal yan gperlu dilakukan ialah dengan melakukan kompres hangat pada kelopak mata dan menjaga kelopak mata tetap higienis.

3. Banyak Minum

Perhatikan konsumsi air minum agar mencukupi kebutuhan tubuh. Di samping itu, dengan minum yang cukup bisa membuat mata terhidrasi.

4. Periksa ke Dokter

Apabila Anda merasakan gejala mata kering, Anda bisa mengaplikasikan tetes mata lubrikan (artificial tears) untuk membantu meringankannya. Namun, jika gejala mata kering itu tidak berkurang, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis mata. Dengan begitu, kita bisa mengetahui diagnosis yang tepat dan mendapatkan penanganan yang baik.

5. Make-up Mata

Kerapkali untuk gaya, perhatian dalam penggunaan lensa kontak bisa jadi kurang higienis. Untuk itu perhatikan lagi lensa kontak yang betul-betul terjamin kehigienisannya. Selain itu, agar mengunakan make-up yang aman pada mata, seperti pemulas mata (eyeshadow) ataupun maskara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *